SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Focus Group Discussion untukMeningkatkan Respectful Mind Siswa SMP Laboratorium UM.

Tantri Putri Mayangsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mayangsari,  Tantri Putri. 2017. Keefektifan Teknik Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Respectful Mind Siswa SMP Laboratorium UM. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. M. Ramli, M.A. (2) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si

 

Kata Kunci: focus group discussion, respectful mind, siswa SMP.

 

Respectful mind mencakup tiga komponen yang harus dimiliki anak sejak dini seperti menerima perbedaan, berempati, dan bekerjasama. Namun hal tersebut kurang mendapatkan perhatian dari guru/sekolah. Masalah tersebut juga terjadi di SMP Laboratorium UM. Teknik focus group discussion merupakan salah satu cara membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan respectful mind. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik focus group discusion untuk meningkatkan respectful mind siswa SMP.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan bentuk pre exsperimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang memiliki tingkat respectful mind tergolong sedang terdiri dari delapan siswa. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala respectful mind yang valid sebanyak 44 butir dan uji reliabilitas sebesar 0,939 serta panduan eksperimen teknik focus group discussion yang telah melalui uji ahli. Data dilakukan melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test(WSRT)dengan menggunakan bantuan SPSS 21.00.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik focus group discussionefektif meningkatkan respectful mind siswa SMP. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor posttest respectful mind dan hasil uji Wilcoxon yang menyatakan nila Z=2, 257bserta nilai Asymp. Sig.= 2-tailed 0.012