SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Ketrampilan Pengambilan Keputusan Memilih Studi Lanjut Bagi Siswa Di SMA Negeri 3 Blitar.

Febrianto Adi Ernawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ernawan, Febrianto Adi. 2017. Keefektifan Teknik Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Ketrampilan Pengambilan Keputusan Memilih  Studi Lanjut Bagi Siswa Di SMA Negeri 3 Blitar. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Carolina L. Radjah, M. Kes.  (2) Dr. H. M. Ramli, M.A

 

Kata Kunci : focus group discussion, keterampilan pengambilan keputusan, siswa SMA.

 

Pengambilan keputusan merupakan pemilihan alternatif perilaku (kelakuan) tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada. Banyak siswa yang bingung  dalam keterampilan pengambilan  keputusan  memilih studi lanjut.  Ada  beberapa  fenomena  yang  dapat  dilihat, mereka  dihadapkan  pada  tingginya  persaingan  masuk  perguruan  tinggi  favorit  dan adanya keraguan dalam keterampilan pengambilan keputusan dalam menentukan pilihan yang tidak sesuai dengan cita-citanya yang disebabkan karena studi lanjut yang dipilih terlalu banyak peminatnya dan biaya juga sangat mahal.Salah  satu  upaya  yang  dapat  dilakukan  yaitu  dengan  cara  memberikan  diskusi kelompok dengan berfokus pada siswa kelas XI dalam pengambilan keputusan memilih studi lanjut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik focus group discussion (FGD) dalam meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut bagi siswa di SMA Negeri 3 Blitar.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan bentuk pre exsperimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Blitar yang memiliki tingkat keterampilan sedang terdiri dari delapan siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala keterampilan pengambilan keputusan yang yang sudah melewati uji validitas sebanyak 51 butir dinyatakan valid dan yang gugur sebanyak 44 butir dan uji reliabilitas sebesar 0,966. Analisis data dilakukan melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan bantuan program  software SPSS  versi  21.0  for  Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik focus group discussion efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut bagi siswa SMA Negeri XI Blitar. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor post-test keterampilan pengambilan keputusandan hasil uji Wilcoxon yang menyatakan nilai Z 2, 524bserta nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.012