SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas layanan informasi karier melalui media sosial facebook untuk meningkatkan pemahaman karier siswa SMK Negeri 5 Malang

Yoga Agari Laksana

Abstrak


ABSTRAK

 

Karier merupakan keseluruhan pekerjaan yang dilakukan sepanjang hidup. Karier dapat dicapai melalui pekerjaan yang direncanakan dan dikembangkan secara optimal dan tepat, tetapi pekerjaan tidak selamanya dapat menunjang pencapaian karier. Dengan demikian, pekerjaan merupakan tahapan penting dalam pengembangan karier. Namun kenyataannya sekarang tidak semua remaja mampu merencanakan karier masa depan yang baik. Mereka seringkali kebingungan dalam menentukan karier. Untuk itu layanan informasi diharapkan mampu untuk membantu permasalahan yang dialami siswa yang berhubungan dengan karier. Layanan informasi melalui media sosial facebook dapat digunakan untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan karier siswa.

Tujuan penelitian yaitu mengetahui efektivitas layanan informasi karier melalui media sosial facebook untuk meningkatkan pemahaman karier siswa. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest Design. Dalam desain eksperimen ini observasi dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen yang disebut pretest (prates) dan sesudah eksperimen yang disebut posttest (pascates). Berdasarkan hasil pretest dan posttest tersebut dapat diketahui perbedaan tingkat pemahaman karier siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan kelompok kontrol sebagai pembanding.

Berdasarkan hasil analisis uji Wilcoxon Sign Rank Test pada saat sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan menunjukkan bahwa layanan informasi karier melalui media sosial facebook efektif untuk meningkatkan pemahaman karier siswa SMK. Hal ini dapat dilihat ketika sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Masing-masing subjek menunjukkan adanya peningkatan tingkat pemahaman karier.

 

Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, bahwa layanan informasi karier dalam media sosial facebook efektif untuk meningkatkan pemahaman karier siswa SMK, maka dikemukakan beberapa saran yang perlu dipertimbangkan, yaitu: (1) Konselor di sekolah dapat menggunakan media sosial facebook untuk memberikan layanan informasi karier. (2) Peneliti selanjutnya diharapkan tidak lagi melakukaan tatap muka untuk memberikan layanan informasi karier melalui media sosial facebook. Layanan informasi karier dapat dikembangkan melalui media sosial lainnya tidak hanya melalui media sosial facebook.