SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Inventori Kecerdasan Intrapersonal bagi Siswa SMP se-Kota Malang

Azizah Azizah.

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah. 2017. Pengembangan Inventori Kecerdasan Intrapersonal bagi Siswa SMP se-Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dr. M. Ramli, M. Pd., (2) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah, M. Pd.

 

Kata Kunci : inventori, kecerdasan intrapersonal, siswa SMP

Kecerdasan dianggap sebagai keberhasilan dan kesuksesan anak. Kecerdasan biasa dihubungkan dengan IQ tinggi dan hasil akademik bagus. Kehidupan saat ini tidak hanya memerlukan sekedar kecerdasan akademis atau IQ saja yang memegang peranan penting dalam menjalani kehidupan. Kecerdasan intrapersonal merupakan salah satu dari beberapa kecerdasan. Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memahami diri sendiri, menyadari kelebihan dan kelemahan, mengenali perasaan diri dan dapat mengekspresikannya, dan mampu mengarahkan dirinya secara mandiri.Kecerdasan intrapersonal terdiri dari tiga aspek yaitu mengenal diri, mengetahui apa yang diinginkan, dan mengetahui apa yang dianggap penting. Pengembangan inventori kecerdasan intrapersonal dilaksanakan atas dasar adanya kebutuhan instrumen pengumpulan data sebagai bagian yang penting dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah. Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan inventori kecerdasan intrapersonal bagi siswa SMP yang memiliki validitas, reliabilitas, dan penormaan yang memenuhi syarat.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan beberapa langkah yang meliputi identifikasi tujuan ukur, operasionalisasi konsep, penskalaan dan pemilihan format stimulus, penulisan item dan review item, uji coba, analisis item, kompilasi I seleksi item, pengujian reliabilitas dan validitas, kompilasi II format final. Populasi dalam penelitian ini yaitu 21277 siswa SMPN se-Kota Malang diambil 406 siswa sebagai sampel penelitian dengan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan inventori kecerdasan intrapersonal. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor dengan bantuan program SPSS 23.0 for windows.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa inventori kecerdasan intrapersonal siswa SMP memiliki validitas, reliabilitas, dan penormaan yang memenuhi syarat. Hasil penilaian keterbacaan menunjukkan bahwa inventori kecerdasan intrapersonal mudah dipahami oleh siswa. Hasil uji validitas merujuk pada nilai KMO-MSA sebesar 0,852 dan harga anti image correlation menunjukkan semua butir memiliki nilai≥ 0,5. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach menunjukkan nilai sebesar 0,893. Penormaan menggunakan norma lokal dalam bentuk persentil poin. Inventori kecerdasan intrapersonal ini berupa pernyataan dari 108 butir menjadi 63 butir pernyataan dengan 15 indikator. Dari hasil penelitian tersebut berarti inventori kecerdasan intrapersonal ini telah memenuhi syarat dan dapat digunakan sebagai instrumen pengumpulan data kecerdasan intrapersonal dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP.