SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI SMK ARDJUNA 1 MALANG

wahyu perpus kurniafindi

Abstrak


ABSTRAK

Kurniafindi, Wahyu Angga Tugas. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi belajar siswa SMK progran studi akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang. Skripsi, Program Studi Akuntansi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Suparti, MP., (II).Dr. H. Tuhardjo, SE., M.Si., Ak.

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi belajar, Prestasi belajar

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya adalah lingkungan keluarga. Keluarga adalah tempat dan sumber pendidikan awal bagi seorang anak. Sifat dan kebiasaan orang tua dapat mempengaruhi sikap anak dan mempengaruhi prestasi anak.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa disamping lingkungan keluarga adalah motivasi belajar sangat membantu dan mutlak dibutuhkan, semakin baik motivasi belajar siswa maka prestasinya juga semakin baik pula.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kondisi lingkungan keluarga siswa-siswi SMK Program Studi Akuntansi semetser genap tahun ajaran 2008/2009, (2) Motivasi belajar siswa-siswi SMK Program Studi Akuntansi semester genap tahun ajaran 2008/2009, dan (3) Pengaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Program Studi Akuntansi tahun ajaran 2008/2009. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kausalis. Analisis deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan kondisi lingkungan keluarga sebagai variabel (X1), motivasi belajar(X2) dan prestasi belajar siswa (Y). Metode regresi linier berganda digunakan untuk menentukan basarnya pengaruh lingkungan keluarga sebagai variabel (X1), motivasi belajar(X2) dan prestasi belajar siswa (Y) di SMK Ardjuna 1 Malang. Populasi dalam penelitian adalah siswa SMK Ardjuna 1 Malang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa Program Studi Akuntansi yang berjumlah 44 siswa. Sample dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Program Studi Akuntansi yang ada di kelas XI semester genap tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 44 siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu angket dan dokumentasi data. Data angket diperoleh dari lembar kuisoner yang diisi oleh siswa sedangkan dokumentasi data yang berupa keterangan mengenai jumlah siswa dan nilai rapor yang diperoleh dari arsip data Tata Usaha SMK Ardjuna 1 Malang.

Lingkungan keluarga siswa SMK Ardjuna 1 Malang berdasarkan pada penilaian siswa secara umum (41%) menunjukkan lingkungan keluarga mendukung keberhasilan belajar siswa. Motivasi belajar secara umum (34,5%) menunjukkan kondisi yang mendukung prestasi belajar siswa.