SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN APLIKASI GAME ANDROID UNTUK LAYANAN INFORMASI PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA BAGI SISWA SMP

Riris Prisilia

Abstrak


ABSTRAK

Prisilia, Riris. 2017. Pengembangan Aplikasi Game Android untuk Layanan Informasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi Siswa Smp .Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling  Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Djoko Budi Santoso, M. Pd. (II) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si

Kata kunci: game android , penyalahgunaan narkoba, siswa SMP

 

Narkoba atau narkoba, adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semisintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri, dan dapat menimbulkan ketergantungan. Berdasarkan hasil need assessment diketahui bahwa sebagian siswa masih membutuhkan informasi mengenai upaya pencegahan prnyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu peneliti mengembangkan panduan layanan informasi pencegahan penyalahgunaan narkoba dengan aplikasi game android bagi siswa SMP dengan tujuan sebagai metode dalam layanan bimbingan klasikal.

Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Brog & Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah:  1) tahap I pengumpulan informasi, 2) tahap II pengembangan produk awal, 3) tahap III uji ahli bimbingan dan konseling; uji ahli media, 4) tahap IV revisi produk berdasarkan uji ahli bimbingan dan konseling; uji ahli media, 5) tahap V uji calon pengguna produk; revisi berdasarkan hasil uji calon pengguna produk; uji kelompok kecil; revisi berdasarkan hasil uji kelompok kecil, 6) tahap VI penyusunan produk akhir.

Produk yang dihasilkan adalah 1) Permainan cegah narkoba sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di SMP, 2) Panduan game cegah narkoba sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi konselor. Langkah-langkah game cegah narkoba adalah menyiapkan hp bebasis android, mengirim aplikasi game cegah narkoba menggunakan bluetooth,menginstal aplikasi di hp,menjelaskan menu-menu pada permainan, siswa menjalankan game sesuai dengan petunjuk yang ada pada game. Panduan untuk konselor berisi 3 bab yaitu bab I pendahuluan, bab II materi narkoba, dan bab III prosedur penggunaan game android (cegah narkoba). Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli, calon pengguna produk dan kelompok kecil serta revisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan, dapat disimpulkan bahwa produk dapat berterima secara teoritis dan praktis.

Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan game android cegah narkoba ini terdapat tingkatan level yang harus dikuasai oleh pengguna permainan sehingga disarankan konselor sebagai pengguna produk untuk mempelajari panduan penggunaan game sebagai metode bimbingan klasikal. Bagi penelitian selanjutnya, dikarenakan pengembangan ini hanya sampai pada uji kelompok kecil maka hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan layanan informasi penyalahgunaan narkoba dengan aplikasi game android ini dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di SMP.