SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Bimbingan Kendali Diri untuk Meningkatkan Penerimaan Sosial pada Siswa Sekolah Menengah Atas

Istin Yulia

Abstrak


ABSTRAK

Yulia, Istin. 2017. Pengembangan Paket Bimbingan Kendali Diri untuk Meningkatkan Penerimaan Sosial pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling  Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd. (II) Dr. H. M. Ramli, M. A

 

Kata kunci: pengembangan paket bimbingan, kendali diri, penerimaan sosial

 

Masa remaja dianggap sebagai masa labil yaitu di mana individu berusaha mencari jati dirinya dan mudah sekali menerima informasi dari luar dirinya tanpa ada pemikiran lebih lanjut. Remaja yang berusaha menemukan identitas dirinya dihadapkan pada situasi yang menuntut harus mampu menyesuaikan diri bukan hanya terhadap dirinya sendiri tetapi juga pada lingkungannya. Pentingnya penerimaan dan penolakan dalam kelompok sangat berpengaruh bagi remaja awal terhadap pikiran, sikap, perasaan maupun perbuatannya. Penyesuaian diri siswa terhadap lingkungannya dapat menentukan penerimaan sosial dalam pergaulannya. Agar dapat diterima oleh kelompok atau lingkungan seorang remaja atau siswa perlu adanya paket bimbingan kendali diri  yang dapat mengatur dan mengendalikan tingkah lakunya agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan. Paket bimbingan kendali diri ini adalah suatu media bimbingan dan konseling berupa layanan informasi yang disusun secara sistematis sebagai sumber informasi bagi siswa dalam mengendalikan diri dalam pergaulan melalui teknik self monitoring, self reward, dan stimulus control.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan paket bimbingan kendali diri yang dapat membantu siswa meningkatkan penerimaan sosial yang berterima baik secara teoritis dan praktis dari segi ketepatan, kegunaan, kepraktisan dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh lagkah. Pada penelitian yang dilakukan hanya sampai lima langkah yaitu revisi akhir. Subjek penelitian terdiri dari ahli materi bimbingan dan konseling, ahli media, dan calon pengguna produk yaitu konselor dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik rerata.

Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli dan calon pengguna produk serta revisi-revisi yang telah dilakukan sesuai dengan masukan dan saran terhadap produk dapat disimpulkan bahwa paket bimbingan kendali diri untuk meningkatkan penerimaan sosial pada siswa SMA sudah memenuhi kriteria keberterimaan. Secara teoritis dan praktis baik dari segi kegunaan, ketepatan, kemudahan dan kemenarikan

Berdasarkan hasil penelitian konselor hendaknya menggunakan paket bimbingan kendali diri  untuk meningkatkan penerimaan sosial pada siswa SMA dengan pendekatan tindakan Bimbingan dan Konseling disesuaikan dengan kondisi siswa. Peneliti selanjutnya dapat melakukan uji coba dengan menambah latihan dan eskperimen untuk mengetahui keefektifan paket bimbingan kendali diri untuk meningkatkan penerimaan sosial pada siswa SMA.