SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Simulasi dalam Bentuk Software untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Kebersihan Siswa MTs

Yekti Sukma Adyastri

Abstrak


ABSTRAK

 

Adyastri, Yekti Sukma. 2017. Pengembangan Permainan Simulasi dalam Bentuk Software untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Kebersihan Siswa MTs. Skripsi, Jurusan BK, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. Triyono, M.Pd, (II) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, permainan simulasi, tanggung jawab kebersihan.

 

Tanggung jawab kebersihan merupakan suatu sikap seseorang yang bersedia atau rela melaksanakan kewajiban supaya terhindar dari debu, bau dan kotoran pada diri sendiri dan lingkungan. Upaya konselor untuk meningkatkan tanggung jawab kebersihan siswa MTs dapat dilakukan melalui layanan dasar dengan strategi bimbingan kelompok. Salah satu metode untuk meningkatkan tanggung jawab kebersihan siswa MTs ialah dengan menggunakan permainan simulasi. Media yang digunakan untuk melaksanakan permainan simulasi ialah berupa software.

Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan permainan simulasi dalam bentuk software untuk meningkatkan tanggung jawab kebersihan siswa yang dilengkapi dengan buku pedoman.  Pengembangan produk ini didasarkan pada aspek: (1) ketepatan, (2) kegunaan dan (3) kemudahan. Langkah-langkah pengembangan ini terdiri dari: Penelitian pengembangan ini terdiri dari 7 tahap yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) mengembangkan bentuk produk awal, (4) melakukan uji ahli (5) melakukan revisi produk uji ahli, (6) melakukan uji coba pengguna, (7) melakukan revisi produk uji coba pengguna. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik Inter-rater Agreement untuk penguji ahli dan konselor, teknik yang kedua ialah modus untuk kelompok kecil (siswa).

Berdasarkan hasil uji ahli materi BK, media pembelajaran dan uji coba pada konselor produk permainan simulasi “ular tangga” untuk meningkatkan tanggung jawab kebersihan siswa MTs memiliki tingkat ketepatan, kegunaan dan kemudahan yang sangat tinggi. Pada uji coba kelompok kecil seluruh aspek keberterimaan mendapat skor yang sangat tinggi. Dengan demikian, produk permainan simulasi “ular tangga” untuk meningkatkan tanggung jawab kebersihan siswa MTs sudah diterima secara teoritik.

Beberapa saran yang perlu dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) konselor diharapkan terlebih dahulu membaca buku pedoman agar dapat menggunakan media sofwareyang dikembangkan, (2) produk ini dapat menjadi alternatif pilihan layanan bimbingan konseling bagi konselor untuk meningkatkan tanggung jawab kebersihan siswa MTs, (3) peneliti selanjutnya dapat melakukan pengembangan produk sampai pada tahap 10, dan (4)peneliti selanjutnya diharap untuk melakukan uji keefektifan produk permainan simulasi “ular tangga” untuk meningkatkan tanggung jawab kebersihan siswa MTs.