SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Hubungan Interpersonal Siswa Kelas VII di SMP Negeri 20 Malang.

lilik muyassaroh hasan

Abstrak


ABSTRAK
Hasan, Lilik Muyassaroh. 2009. Efektivitas Teknik Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Hubungan Interpersonal Siswa Kelas VII di SMP Negeri 20 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si, (II) Dra. Henny Indreswari, M.Pd.
Kata kunci: permainan simulasi, bimbingan kelompok, keterampilan hubungan
interpersonal
Permainan simulasi adalah salah satu permainan edukatif yang digunakan dalam bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa kelas VII. Rancangan yang digunakan adalah eksperimen semu. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen ada perbedaan antara skor pretes dan skor postes (nilai Z = -2.803, asymp sig = 0.005 < 0.05), sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan antara skor pretet dan postes (nilai Z = -0.178, asymp sig = 0.859 > 0.05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa treatment permainan simulasi terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa dengan gain perbedaan mean skor postes dan pretes sebesar 53.9 poin. Berdasarkan hasil disarankan kepada: 1) konselor agar menggunakan permainan simulasi sebagai salah satu teknik dalam melayani bimbingan kepada siswa, 2) guru bidang studi bahasa Indonesia, PPKn, bahasa Inggris bisa menggunakan media permainan simulasi untuk menyampaikan materi pelajaran agar siswa tidak bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta keterampilan hubungan interpersonal siswa dapat meningkat, 3) peneliti berikutnya dapat membuat penelitian pengembangan permainan simulasi dengan pokok bahasan keterampilan hubungan intrapersonal dengan menggunakan tingkatan sekolah dan subyek penelitian yang berbeda, selain itu peneliti lain juga bisa melakukan penelitian dengan menggunakan teknik lain seperti sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa.