SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

keefektifan strategi self-management untuk mengurangi perilaku membolos siswa SMK N 7 Malang

Hepsyn Kostanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kostanto, Hepsyn. 2017. Keefektifan strategi self-management untuk mengurangi perilaku membolos siswa SMK N 7 Malang. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Widada, M.Si, (II) Drs. Harmiyanto M.Pd

 

Kata kunci: self-management, membolos

 

Perilaku membolos secara umum dapat diartikan sebagai perilaku siswa yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak tepat atau ketidakhadiran siswa tanpa alasan yang jelas. Pada akhirnya membolos menjadi fenomena yang menghambat proses pembelajaran dan apabila masalah ini tidak segera ditangani secara serius maka dikhawatirkan banyak hal negatif yang muncul sebagai dampak dari perilaku tersebut. Salah satu upaya mengurangi perilaku membolos siswa adalah dengan pemberian layanan konseling kelompok di sekolah.

Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan keefektifan strategi self-management untuk mengurangi perilaku membolos siswa. Oleh karena itu peneliti melakukan konseling dengan strategi self-management akan berpengaruh dalam mengurangi perilaku membolos siswa.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi-Exsperimental Research) tanpa kelas kontrol. Desain eksperimen subjek tunggal yang digunakan adalah design A-B-A. Pada fase A (baseline 1) merupakan fase perekaman data atau observasi awal. Dapat dikatakan bahwa fase ini merupakan fase pengambilan data atau kondisi apa adanya dari subjek penelitian pada kondisi sebelum subjek penelitian diberi treatment. Pada fase B diberikannya fase treatment atau perlakuan oleh peneliti. Sedangkan fase baseline 2 (A’) merupakan fase pengambilan data tahap kedua, sesuai dengan format observasi baseline 1 (fase A).

Berdasarkan hasil analisis data visual inspection pada saat sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan menunjukkan bahwa strategi self-management berpengaruh mengurangi perilaku membolos siswa. Hal ini tampak dari sebelum dilakukan perlakuan dan sesudah silakukan perlakuan. Masing-masing subjek menunjukkan adanya penurunan perilaku membolosnya.

Dari hasil penelitian ini, dapat disarankan agar (1) konselor dapat membantu siswa dalam menerapkan strategi self-management untuk mengurangi perilaku membolos sekolah, (2) Peneliti selanjutnya bisa menggunakan kelompok kontrol sebagai kelompok pembanding untuk dapat dibandingkan apabila penelitian akan sama dengan kelompok pembanding yang dapat memperkuat hasil penelitian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Kostanto, Hepsyn 2017. The effectiveness of self-management strategy to reduce the behavior of ditching students SMK N 7 Malang. Guidance and Counseling Department. Faculty of Education, State University of Malang. Advisor: (I) Drs. H. Widada, M.Si, (II) Drs. Harmiyanto M.Pd

 

Keywords: self-management, ditching

 

Generally ditching behavior can be interpreted as the behavior of students who do not attend school with inappropriate reasons or student absences for no apparent reason. In the end ditching into a phenomenon that hampers the learning process and if this problem is not addressed seriously then it is feared many negative things that arise as the impact of the behavior. One of the attempts to reduce student skipping is by providing group counseling services at school.

The purpose of this study is to prove the  effectiveness of self-management strategy to reduce the behavior of ditching students. Therefore, researchers counseling with self-management strategies will have an effect on reducing behavior of ditching students.

The research design used in this research is quasi-experimental research without control class. The design of a single subject experiment used is design A-B-A. In phase A (baseline 1) is a data recording phase or preliminary observation. It can be said that this phase is the phase of data retrieval or the condition of the existence of the subject of research on the condition before the subject of research given treatment. In phase B given the phase of treatment or treatment by researchers. The baseline 2 (A') phase is the second phase of data collection, in accordance with the baseline 1 observation format (phase A).

Based on the results of analysis of visual inspection data at the time before treatment and after treatment showed that the self-management strategy has an effect on reducing students behavior of ditching. This is evident from before treatment and after treatment. Each of the subjects showed a decline in his behavior of ditching.

From the results of this study, it can be suggested that (1) the counselor can assist students in implementing self-management strategies to reduce behavior of ditching, (2) Researchers can then use the control group as a comparison group to be comparable if the research will be the same as the comparison group Can strengthen the results of research.