SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Sikap Proaktif Siswa Sekolah Menengah Pertama

Margaretha Dea Innecensia

Abstrak


ABSTRAK

 

Innecensia, Margaretha Dea. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Sikap Proaktif Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Elia Flurentin, M.Pd (II) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata kunci: penggunaan media film, sikap proaktif, siswa SMP

 

Salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh siswa dalam menghadapi perkembangan zaman yang begitu pesat ini adalah sikap proaktif. Konselor perlu memberi perhatian khusus terhadap kebutuhan siswa akan pengembangan sikap proaktif dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkup sekolah. Jika sikap proaktif tersebut dapat dibina sejak dini, maka siswa akan memiliki kebiasaan sikap positif tersebut. Selain itu siswa menjadi pribadi yang tidak hanya bisa berkembang optimal sesuai potensi yang ada, tetapi juga bisa mandiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Oleh karena itu perlu adanya upaya layanan bimbingan dan pemilihan media yang tepat. Penggunaan media film dipilih karena menyesuaikan karakter belajar remaja yang cenderung audio visual. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film untuk meningkatkan sikap proaktif siswa SMP.

Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan desain penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan orang siswa yang mempunyai tingkat sikap proaktif terendah dalam satu kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala psikologis sikap proaktif, pedoman eksperimen, serta pedoman observasi. Analisis uji beda dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil penelitian dengan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai beda (z) adalah -2.524 dengan taraf signifikansi 0,012. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yang artinya  ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film efektif untuk meningkatkan sikap proaktif siswa SMP.

Berdasarkan hasil dan pembahasan yang diperoleh dalam penelitian ini, disarankan bagi konselor sekolah bahwa penggunaan media film dapat diaplikasikan di sekolah untuk meningkatkan sikap proaktif siswa SMP. Konselor dapat memakai empat film yang sudah dipilih dan didesain khusus oleh peneliti, yaitu film yang berjudul “The Hormones”, “How To Train Your Dragon”, “Mimpi Sejuta Dollar”, dan “The Billionare”. Saran untuk peneliti selanjutnya, dapat mengadakan penelitian serupa dengan desain true eksperiment. Saran bagi akademisi Bimbingan dan Konseling, memanfaatkan media film untuk mengembangkan sikap-sikap positif yang lain.