SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan pengungkapan diri siswa SMP

rio arminanda kuntadi

Abstrak


Pengungkapan diri merupakan komunikasi interpersonal yang dilakukan untuk memberikan informasi mengenai diri sendiri kepada orang lain. Namun dalam kehidupan sehari-hari sikap keterbukaan diri masih rendah. Sifat keterbukaan diri sebenarnya harus ditingkatkan guna mengungkapkan perasaan seseorang dan meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain. Dalam lingkungan sekolah, kesadaran siswa akan pentingnya keterbukaan diri harus ditingkatkan yaitu dengan melibatkan peran dari seorang guru. Guru bimbingan dan konseling memiliki berbagai teknik untuk meningkatkan keterbukaan diri siswa. Salah satu teknik yang efektif yaitu bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Teknik ini membantu anggota kelompok untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan sehingga siswa dapat mengungkapkan emosi dan munculah keterbukaan diri dalam dirinya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama untuk meningkatkan pengungkapan diri siswa SMP.

           Prosedur penelitian ini menggunakan desain eksperimental semu (quasi-eksperimental design) dengan rancangan interrupted time series. Peneliti memberikan pre-test sebanyak tiga kali dan post-test sebanyak tiga kali untuk mengetahui konsistensi dan perbedaan yang terjadi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Treatment berupa teknik sosiodrama yang diberikan sebanyak empat kali pertemuan. Penelitian dilakukan terhadap 10 siswa yang memiliki skor pengungkapan diri sedang di kelas VIII 7 di SMPN 21 Malang. Instrument penelitian berupa angket self disclosure dengan skala Likert dan panduan pelaksanaan eksperimern. Selanjutnya pada instrument tersebut dilakukan uji validasi dan reliabilitas.

           Hasil analisis Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) menunjukan nilai wilcoxon Z = -2.803ª dan Asyimp. Sig (2-tailed)