SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI MEANING OF LIFE SISWA SMP DI PONDOK PESANTREN AN-NUR II AL MURTADLO BULULAWANG KABUPATEN MALANG

Feny Andriyanti

Abstrak


RINGKASAN

 

Andriyanti, Feny. 2017. Studi Meaning of Life Siswa SMPdi Pondok PesantrenAn-Nur II Al Murtadlo Bululawang Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd., (2) Dr. H. IM. Hambali, M.Pd.

 

Kata Kunci: meaning of life, pondok pesantren, siswa SMP

 

Meaning of lifeadalah proses penemuan dan penilaian terhadap kehidupan yang memberikan nilai khusus, penting dan berharga, sehingga layak dijadikan pedoman hidup sebagai acuan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari, bersifat pribadi dan unik.Meaning of life dapat ditemukan oleh individu melalui nilai kreatif, nilai penghayatan dan nilai bersikap.Meaning of life dalamnilai kreatifitas kerja mendasari individu dalam kegiatan berprestasi, berkaryadan melaksanakan tugas dengan penuh motivasi, dan tanggung jawab.Meaning of lifedalam nilai penghayatanterhadap cinta kasih dan agama terkait dengan meyakini dan menghayati nilai-nilai kebenaran, kebajikan, keindahan, keadilan, dan keimanan. Meaning of life dalam nilai bersikap terhadap tantangan hidup berarti mampu mengambil sikap setiap ketika menghadapi hambatan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui capaian meaning of life siswa SMP di pondok pesantren An-Nur II Al Murtadlo. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif dengan prosedur survai. Subyek penelitian ini yaitu 2808 siswa SMP An Nur diambil 313 sampel siswa yang diambil secara acak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan inventori meaning of life yang dikembangkan berdasarkan kajian teoritik dan uji validitas lapangan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptifmelalui program microsoft exceldan SPSS for16.0. Data disajikan dalam bentuk tabel dan diagram yang mengambarkan capaian meaning of life.

Hasil penelitian menujukkan bahwa siswa SMP di pondok pesantren An Nur II Al-Murtadlo memiliki meaning of life tinggi. Namun ketiga sumber nilai memiliki capaian yang berbeda-beda. Capaian tertinggi pertama yakni nilai penghayatanterhadap cinta kasih dan agama dengan klasifikasi tinggi, diikuti nilai bersikap terhadap tantangan hidup dengan klasifikasi tinggi dan terakhir nilai kreatifitas kerja dengan klasifikasi cukup. Nilai penghayatan terhadap cinta kasih dan agama memiliki capaian tertinggi dalam pemerolehanmeaning of life. Nilai penghayatan terhadap cinta kasih dan agama sesuai dengan falsafah hidup pondok pesantren yakni pembentukan akhlak yang tercermin dalam visi mencetak santri solihin dan sholikhat.

Data hasil penelitian inidapat dimanfaatkan oleh konselor untuk memahami meaning of lifesiswa dan merancang layanan bimbingan dan konseling yangsesuai terutama dengan mempertimbangkan nilai penghayatan terhadap cinta kasih dan agama siswa di sekolah dengan latar belakang pondok pesantren. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memanfaatkan data hasil temuan ini untuk mengkaji lebih dalam mengenai nilai penghayatan terhadap cinta kasih dan agama siswa SMP di pondok pesantren melalui penelitian kualitatif.