SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ngunut Kabupaten Tulungagung

Rindang Antika

Abstrak


ABSTRAK

 

Antika, Rindang. 2017. Keefektifan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Triyono, M.Pd., (II) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal,permainan simulasi,bimbingan kelompok

 

Rendahnya kemampuan komunikasi siswa di jenjang SMP perlu mendapatkan perhatian yang lebih dalam bimbingannya. Dalam memasuki masa remaja awal siswa SMP harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Rasa kurang percaya diri, takut, sulit membaur serta kurang mampu menerima pendapat orang lain secara tegas menjadikan siswa sulit untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya terutama siswa SMP Kelas VII. Oleh sebab itu diperlukan peningkatan kemampuan komunikasi yang ada dalam diri siswa karena komunikasi adalah hal penting dalam bergaul. Tujuan penelitian iniuntuk mengetahui keefektifan teknik permainan simulasi dalam meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah pretest-posttest design. Awalnya sebelum permainan, peneliti memberikan pretes. Kemudian dilakukan perlakuan (treatment)lalu peneliti melaksanakan postes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Ngunut Kabupaten Tulungagung pada tahun ajaran 2016/2017 semester II. Instrumen penelitian  menggunakan angket. Teknik pengumpulan data diambil melalui hasil angket pretest dan postest. Selanjutnya teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t test.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada selisih peningkatan nilai di pretes dan postes. Keseluruhan aspek komunikasi interpersonal siswa sudah dilaksanakan secara nyata dalam kelas yang meliputi aspek keterbukaan, empati, saling mendukung, sikap positif, kesetaraan dan kebersamaan. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung adalah sebesar 4,399 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sehingga hipotesis penelitian dapat dibuktikan bahwa teknik permainan simulasi efektif  untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIISMP Negeri 3 Ngunut Kabupaten Tulungagung.

Dari hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan peneliti kepada kepada pihak konselor diharapkan untuk dapat memanfaatkan kegiatan bimbingan kelompok berbasis permainan simulasi supaya dapat lebih meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa. 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Antika, Rindang. 2017. Effectiveness of Simulation Game Technique for Improving Interpersonal Communication Skillsof Seventh Grader Students of PublicSecondary School 3 Ngunut Tulungagung. Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education Science, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. H. Triyono, M.Pd., (II) Irene Maya Simon, S.Pd, M.Pd

 

Keywords: interpersonal communication, simulation game,guidancegroup

 

The low level of communication skills of students in junior high school needs to get more attention in their guidance. In entering the early adolescence of junior high school students must adapt to the new environment. The feeling of lack of confidence, fear, difficulty mixing and less able to accept the opinions of others explicitly makes it difficult for students to communicate with peers, especially students of seventh grader students of public secondary school. Therefore it is necessary to improve the existing communication skills in students because communication is important in mingling. The purpose of this study to determine the effectiveness of simulation game techniques for improving the interpersonal communication skills of seventh grader students of public secondary school 3 Ngunut Tulungagung.

This research is a type of quantitative research with experimental design. The design used is pretest-posttest design. Just before the game, researchers give pretes. Then do the treatment (treatment) then the researchers implement postes. This research was conducted at public secondary school 3 Ngunut Tulungagungin the second term academic year 2016/2017. The research instrument used questionnaire. Data collection techniques were taken through the results of the pretest and posttest questionnaires. Furthermore, the technique of data analysis using normality test and paired sample t test.

Based on the results of the analysis of research data obtained conclusion that there is a difference in value increase in pretest and postes. The overall aspect of students' interpersonal communication has been implemented in a classroom that includes aspects of openness, empathy, mutual support, positive attitudes, equality and togetherness. The results of statistical tests show that the value of t-count is 4.399 with a significance value of 0.000. So the research hypothesis can be proved that the game simulation technique is effective to improve the interpersonal communication skills of seventh grader students of public secondary school 3 Ngunut Tulungagung.

From the result of the research, the suggestion that can be given by the researcher to the counselor is expected to be able to take advantage of guidance group-based simulation game activities in order to further improve the ability of interpersonal communication students.