SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Bimbingan Peningkatan Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Roudlotut Tholibin Tegalweru Dau Malang

Eko Zaenuri

Abstrak


ABSTRAK

 

Zaenuri, Eko. 2017. Pengembangan Panduan Bimbingan Peningkatan Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah NU Roudlotut Tholibin Tegalweru Dau Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. M. Ramli, M.Adan (II) Drs. H. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: pengembangan, panduan bimbingan, kedisiplinan

 

Kedisiplinan merupakan salah satu prilaku yang harus ditanamkan dan diajarkan sejak kecil dan diterapkan setiap individu. Guru kelas di sekolah perlu memberikan layanan bimbingan dan pembelajaran terkait peningkatan kedisiplinan siswa. Layanan tersebut dapat dilakukan melalui layanan bimbingan peningkatan kedisiplinan atau layanan bimbingan pribadi. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah panduan bimbingan penigkatan kedisiplinan siswa. Dengan demikian, diadakannya penelitian ini untuk mendapatkan produk pengembangan panduan peningkatan  kedisiplinan yang  layak dan dapat menjadi salah satu alternative pilihan sebagai layanan bimbingan peningkatan kedisiplinan siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang  memiliki enam langkah penelitian yang diadaptasi dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg & Gall (1983). Keenam langkah tersebut adalah Tahap Pra Pengembangan, Tahap Pengembangan Produk, Tahap Uji Coba Produk, Penyempurnaan Produk Akhir, Melakukan Uji Lapangan Utama (main field testing), dan Melakukan Revisi Produk Operasional (operasional produk revision). Uji coba dalam penelitian ini dilakukan melalui uji ahli dan uji coba keseluruhan produk dalam Tahap Uji Coba Produk. Ahli yang dilibatkan dalam Tahap Uji Coba Produk adalah ahli media pembelajaran dan ahli materi bimbingan dan konseling. Uji coba keseluruhan produk melibatkan satu guru kelas sebagai calon pengguna produk dan siswa sebagai sasaran layanan produk. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kedisiplinan, instrument penilaian ahli dan calon pengguna, instrument penilaian siswa dan catatan pelaksanaan layanan. Data hasil pengembangan didapatkan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, rerata data dan interpretasi data.

Hasil penilaian ahli media pembelajaran, ahli materi, dan calon pengguna produk menunjukkan bahwa pengembangan panduan bimbingan peningkatan kedisiplinan sebagai metode pembelajaran untuk meningkatkan kedisiplinan siswa sebagai prodak yang layak digunakan.Hasil penilaian siswa menunjukkan bahwa produk merupakan layanan yang layak diberikan kepada siswa.

Saran yang diberikan adalah, (1) Guru kelas diharapkan menggunakan paket pelatihan peningkatan kedisiplinan dalam proses pembelajaran dan pemberian layanan bimbingan agar siswa memiliki sikap kedisiplinan yang tinggi. (2) Hasil penelitian dan pengembangan ini diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar memperkuat panduan ini maka disarankan panduan ini diuji lapangan (kelompok besar) dan dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas.

.

 

 

 

 

 

ABSTRACK

 

Zaenuri, Eko, 2017. The Development of Discipline Improvement Training Package of Students in Madrasah Ibtidaiyah NU RoudlotutTholibinTegalweruDau Malang. Thesis, Guidance and Counseling Department, Faculty of Education, State University of Malang. Thesis Advisor : (1) Dr. M. Ramli, M.A and (2) Drs. H. Widada, M.Si

 

Key Words: Development, Training Package, Discipline

 

Discipline is one of attitude which is has to be cultivated and taught since childhood and applied by everyone. Teachers of the class in the school need to give guidance and learning service related with the improvement of students’ discipline. The service can be conducted through learning or training trough guidance book which is available.one of learning methods which are possible to be used is Training the Improvement of Discipline in the aspect of cognitive, affective, and psychomotor of the students. Thus, this research is done to get the product of training the improvement of discipline that is suitable and it becomes one of learning alternatives to improve students’ discipline.  

This research belongs to development research that has four research steps which are adapted from ten development research steps of Borg and Gall (1983). Those four steps are pre development phase, product development phase, and final product accomplishing. The trial in this research is conducted through expert trial and throughout of the product trial in the phase of product trial. The expert whom is included in product trial are the expert of learning media and the expert of guidance and counseling.  The overall product trial in the phase of product trial includes a class teacher as the user of the product and the students as the target of product service. The Research instrument that is used is discipline questionnaire, expert mark instrument and the next user, student mark instrument and service note of application. The data of development result is gotten through the phase of reduction data, conveying data, the average of the data and the interpretation of the data.   

The result of learning media expert correction, material expert, and the candidate of product user shows that the training of discipline as learning method to improve students’ discipline is a product which is suitable to be used to improve students’ discipline. The result of students’ correction shows that product is is a service which is suitable to be given to students.

The suggestions which are given are: (1) the classes teacher are expected to use a package of discipline improvement training in the process of learning and to give the service of guidance so that students have a high discipline. (2) the next researcher can continue the research with big group trial to check product effectiveness, guidance action research, or product improvement for another topic.