SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP

Irsyada Oktaria Sasmita

Abstrak


ABSTRAK

 

Sasmita, Irsyada Oktaria. 2017. Efektifitas Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M.Pd dan (II) Dr. H. IM. Hambali, M.Pd

 

Kata Kunci: Permainan Simulasi, Kepedulian Sosial, Siswa SMP

 

Kepedulian social merupakan sikap ingin membantu orang lain tanpa adanya paksaan dan mengesampingkan kepentingan pribadinya. Namun pada kenyataannya siswa masih belum terlihat memiliki kepedulian sosial. Siswa masih mementingkan kepentingan pribadinya asik dengan dunianya sendiri dan mengesampingkan kepentingan sosial. Siswa cenderung cuek dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Permainan simulasi adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepedulian social siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan simulasi dalam bimbingan kelompok  untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP.

Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental one-group pretest posttest design. Penentuan sampel pada penelitian ini adalah dengan purposive  sampling. Siswa kelas 8C yang berjumlah 32 orang siswa dipilih sebagai sampel pada penelitian ini karena telah memenuhi kriteria. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah inventori kepedulian sosial yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis uji beda menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan simulasi dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP. Hal ini terbukti bahwa nilai T hitung -7.179 dengan nilai Signifikansi menunjukkan hasil  0.000, yang berarti lebih kecil dari 0.05, maka Ho di tolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa antara skor pretest dan posttest berbeda secara signifikan. Artinya permainan simulasi dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan, dalam memberikan layanan konselor dapat menggunakan permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan kelompok control dengan teknik yang berbeda sebagai pembanding agar keberhasilan pada kelompok eksperimen dapat dilihat keefektifannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Sasmita, Irsyada, Oktaria. 2017. Efectiveness of Simulation Game in Group Guidance for Improving Social Concern of Junior High School Students. Thesis, Department of Guidance and Counseling, Faculty of Education Science, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M.Pddan (II) Dr. H. IM. Hambali, M.Pd

 

Kata Kunci: Simulation Game, Social Concern, Junior High School Students

 

Social concern is an attitude of wanting to help others without coercion and putting aside their personal interests. But in reality students still have not seen to have social concern. Students are still concerned with his private interests with his own world and put aside social interests. Students tend to be indifferent to the surrounding environment. Simulation games are one of the techniques that can be used to improve students' social concern. This study aims to determine the effectiveness of simulation game in group guidance for improving social concern of junior high school students.

This study used pre-experimental one-group pretest posttest design. Determination of the sample in this study is by purposive sampling. The 8C students of 32 students were selected as samples in this study because they have met the criteria. The instrument used in this study is the inventory of social concerns that have fulfilled the validity and reliability requirements. Different test analysis techniques using Paired Sample T-Test with SPSS 16 for windows.

Based on the results of the research shows that simulation game in the guidance of effective group to increase social concern of junior high school students. It is proven that the value of T arithmetic -7.179 with significance value indicates the result of 0.000, which means smaller than 0.05, then Ho rejected and H1 accepted. This shows that between the pretest and posttest score differed significantly. This means simulation games in the guidance of effective groups to improve students' social concern.

Based on the results of research can be suggested, in providing counselor services can use simulation games in group guidance to improve students' social concern. The next researcher should use a control group with different techniques as a comparison in order for success in the experimental group to see its effectiveness.