SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Simulasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kesadaran Disiplin Berlalulintas Siswa SMA

Arinca Dinda Mulyasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Mulyasari, Arinca Dinda. 2017. Pengembangan Permainan Simulasi Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kesadaran Disiplin Berlalulintas Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Triyono, M.Pd, (II) Drs. Widada, M.Si.

 

Kata Kunci: permainan simulasi, multimedia interaktif, kesadaran disiplin berlalulintas

 

Maraknya pelanggaran berlalulintas yang dilakukan oleh siswa SMA belakangan ini menunjukkan bahwa kesadaran disiplin berlalulintas dalam diri mereka masih rendah. Dalam jalur pendidikan formal, konselor perlu melaksanakan layanan BK untuk meningkatkan kesadaran disiplin berlalulintas siswa. Layanan tersebut dapat dilakukan melalui layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan simulasi, yang melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Oleh sebab itu, penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk permainan simulasi berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kesadaran disiplin berlalulintas siswa SMA.

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah dihasilkannya media permainan simulasi berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kesadaran disiplin berlalulintas siswa SMA yang memenuhi aspek keberterimaan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan model Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi, tahapan pengembangan tersebut adalah: (1) perencanaan: identifikasi kebutuhan, (2) pengembangan produk awal: penyusunan tujuan dan penyusunan prototype produk, (3) uji coba produk: uji ahli materi, uji ahli media, revisi produk tahap satu, uji calon pengguna produk, revisi produk tahap dua, uji kelompok kecil kepada siswa, revisi produk akhir.

Hasil penilaian para ahli menunjukkan produk permainan simulasi berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kesadaran disiplin berlalulintas siswa SMA telah memenuhi kriteria keberterimaan prodak. Penilaian dari uji ahli materi mendapatkan hasil sangat tepat, sangat berguna, jelas dan menarik. Penilaian dari uji ahli media mendapatkan hasil sangat tepat, sangat berguna, sangat jelas dan sangat menarik. Penilaian calon pengguna produk menunjukkan hasil sangat tepat, berguna, jelas dan menarik. Sedangkan pada uji kelompok kecil menunjukkan hasil sangat tepat, sangat berguna, sangat jelas dan sangat menarik. Dari hasil penilaian seluruh uji coba tersebut produk permainan simulasi berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kesadaran disiplin berlalulintas siswa SMA ini layak digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1)  konselor dapat menggunakan media permainan simulasi berbasis multimedia interaktif dalam memberikan layanan bimbingan kepada siswa untuk meningkatkan kesadaran disiplin berlalulintas, (2) diharapkan konselor mempelajari dan memahami buku panduan produk ini agar proses pemberian layanan dapat berjalan secara efektif dan maksimal. Peneliti selanjutnya dapat mengembangkan permainan simulasi berbasis multimedia interaktif dengan fokus penelitian yang berbeda, menambah jumlah kotak pada permainan serta menambahkan jawaban yang benar pada media.