SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Tingkat Pemakaian Smartphone Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas XII di SMKN 2 Malang

Ayyima Aprilia Zauzan

Abstrak


ABSTRAK

 

Zauzan, Ayyima Aprilia. 2017. Hubungan antara Tingkat Pemakaian Smartphone dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hariadi Kusumo, M. Pd. (II) Drs. H. Harmiyanto, M. Pd.

 

Kata Kunci: pemakaian smartphone, interaksi sosial, siswa SMK

 

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang khususnya para remaja yang asik sendiri bermain smartphone daripada berkumpul dan mengobrol dengan teman-temannya. Bahkan kebanyakan mereka lebih memilih untuk sibuk menyendiri mengotak-atik smartphone miliknya, apapun yang dilakukan oleh mereka seperti bermain game, sosial media, chatting, dan browsing membuat remaja kebanyakan mengabaikan pergaulan dengan berbagai kelompok sebayanya. Bahkan jarang mereka berinteraksi sosial secara langsung  saat mereka sibuk dengan smartphone masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara tingkat pemakaian Smartphone dengan interaksi sosial siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Malang.

Rancangan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Jumlah sampel penelitian ini adalah siswa dengan jumlah119 siswa kelas XI. Instrumen penelitian menggunakan angket. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemakaian smartphone siswa kelas XI di SMKN 2 Malang masuk ke dalam kriteria sedang dengan persentase 95,7%, sedangkan interaksi sosial siswa adalah cukup banyak siswa yang memiliki kriteria sedang dengan persentase 49,5% dan cukup banyak siswa yang memiliki kriteria tinggi dengan persentase 49,5%. Setelah diuji hipotesis didapatkan hasil bahwa: Tidak ada hubungan yang siginifikan antara tingkat pemakaian smartphone dengan interaksi sosial, diperoleh r hitung = 0,162  < rtabel 5% = 0,180 dan p = 0,000 < 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan, (1) Bagi konselor, sebagai bahan informasi yang berguna untuk menyusun program layanan bimbingan dan konseling khususnya pada bidang layanan bimbingan pribadi dan layanan bimbingan sosial yaitu, tentang layanan pemakaian smartphone dan interaksi sosial di SMK agar siswa dapat menyeimbangkan keduanya dengan baik.  (2) Bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi data untuk meneliti yang berhubungan dengan pemakaian smartphone dan interaksi sosial, serta dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat menganai dampak positif, dampak negatif pemakaian smartphone  dalam aspek sosial, agar masyarakat dapat menggunakan smartphone secara bijak.