SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA PANCA MARGA 1 LAMONGAN

Siti Nur Agustiningsih

Abstrak


Dengan memiliki kemampuan asertif, memungkinkan seseorang untuk bertindak menurut kepentingan sendiri, untuk membela diri sendiri tanpa kecemasan yang semestinya, untuk mengekspresikan perasaan jujur dengan nyaman, untuk menerapkan hak-hak pribadi tanpa menyangkal hak-hak orang lain.

Hal ini bertolak belakang dengan individu yang tidak tegas atau tidak asertif, orang yang tidak asertif akan dijauhi dari lingkungannya dengan kondisi yang demikian akan mengurangi rasa percaya diri karena tidak bersosialisasi dengan lingkungan yang baik.

                 Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi tentang perilaku asertif siswa di SMA Panca Marga 1 Lamongan, (2) kepercayaan diri siswa di SMA Panca Marga 1 Lamongan, (3) hubungan antara perilaku asertif dan kepercayaan diri siswa di SMA  Panca Marga 1 Lamongan

     Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Panca Marga 1 Lamongan yang berjumlah 263 siswa dan sampel penelitian menggunakan simple random sampling dan sampel penelitian berjumlah 114 siswa. Data perilaku asertif dan kepercayaan diri diperoleh dengan kuesioner atau angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan product moment.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku asertif siswa cenderung tinggi. Sedangkan kepercayaan diri siswa tersebar merata kearah tinggi dan rendah. Kedua variabel memiliki korelasi yang signifika

  Berdasarkan hasil penelitian bagi konselor diharapkan memberikan pelayanan bimbingan dan konseling dengan memberikan informasi tentang perilaku asertif dan kepercayaan diri. Memberikan keterampilan berperilaku asertif untuk meningkatkan perilaku asertif serta mengembangkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan layanan informasi yang berhubungan dengan kepercayaan diri kepada siswa