SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pokok Bahasan Pengenalan Pekerjaan untuk Siswa Kelas III SDN Percobaan I Kota Malang

Yely Rosianti

Abstrak


ABSTRAK

Rosianti, Yely. 2009. Pengembangan Media Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pokok Bahasan Pengenalan Pekerjaan untuk Siswa Kelas III SDN Percobaan I Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. M. Ramli, M.A. (II) Drs. Hariyadi Kusumo.

Kata kunci: Media Bimbingan Karir, Multimedia Interaktif, Pengenalan Pekerjaan, dan Pemahaman Siswa

    Tujuan diadakannya bimbingan karir di Sekolah Dasar adalah untuk mengenalkan macam dan ciri dari berbagai jenis pekerjaan, merencanakan masa depan, membantu arah pekerjaan, menyesuaikan keterampilan, kemampuan dan minat dengan jenis pekerjaan dan membantu siswa untuk mencapai cita-cita. Dalam penyampaian informasi bimbingan karir guru pembimbing lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga terkesan monoton dan membosankan. Hal ini dikarenakan tidak dimungkinkan guru menampilkan model dengan menghadirkan secara langsung objek yang dimaksud. Untuk itu dikembangkan media bimbingan karir berbasis multimedia interaktif yang dapat diterima secara teoritis dan praktis.
    Tujuan dari pengembangan adalah menghasilkan media bimbingan karir berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan pengenalan pekerjaan untuk siswa Sekolah Dasar yang dapat diterima secara teoritis dan praktis. Keberterimaan tersebut berkaitan dengan tingkat kegunaan, kelayakan, dan ketepatan media. Subjek penelitian dari media ini adalah siswa kelas III SDN Percobaan 1 Kota Malang. Alat pengumpul data berupa angket dan tes hasil belajar. Prosedur pengembangannya meliputi analisis kebutuhan dan tujuan, pengembangan materi dan alat evaluasi, penyusunan naskah, produksi, uji validasi, uji responden dan revisi. Metode analisisnya menggunakan penghitungan statistik deskriptif dan uji t. Media bimbingan karir divalidasi melalui tiga macam subjek yaitu uji ahli materi, uji ahli media, dan responden.. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif, angket dianalisis dengan statistik deskriptif sedangkan data dari tes hasil belajar di uji dengan uji t.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media bimbingan karir berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan pengenalan karir untuk siswa SDN Percobaan 1 Kota Malang memiliki tingkat kegunaan yang tinggi yaitu mudah digunakan dari segi teoritis dan praktis, (2) media bimbingan karir berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan pengenalan karir untuk siswa SDN Percobaan 1 Kota Malang memiliki tingkat kelayakan yang tinggi baik dari segi teoritis maupun praktis, (3) media bimbingan karir berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan pengenalan karir untuk siswa SDN Percobaan 1 Kota Malang memiliki tingkat ketepatan yang tinggi baik dari segi teoritis maupun praktis.
    Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan guru pembimbing memanfaatkan media bimbingan karir berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan pengenalan pekerjaan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III SD mengenai jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar siswa.


Teks Penuh: DOC PDF