SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA PERFEKSIONISME, KEYAKINAN IRASIONAL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMA NEGERI DI KOTA MALANG

Mega Ilba Ayu Sandhika

Abstrak


ABSTRAK

 

Sandhika, Mega Ilba Ayu. 2017. Hubungan antara Perfeksionisme, Keyakinan Irasional dan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany M Handarini, M.A., (II) Dr. Henny Indreswari, M.Pd.

 

Kata Kunci: Prokrastinasi akademik, Perfeksionisme, Keyakinan irasional

 

Prokrastinasi akademik merupakan salah satu problem yang terjadi pada siswa sekolah menengah, mereka cenderung menunda untuk menyelesaikan tugas akademik ataupun memulai untuk mengerjakan tugas akademik, hal tersebut dikarenakan adanya beberapa faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang diduga memberikan pengaruh terhadap prokrastinasi akademik adalah faktor perfeksionisme dan keyakinan irasional.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perfeksionisme, keyakinan irasional dan prokrastinasi akademik siswa SMAN di Kota Malang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perfeksionisme dan keyakinan irasional, sedangkan variabel terikatnya adalah prokrastinasi akademik. Penelitian ini dianalis dengan regresi linier berganda. Populasi yang digunakan adalah siswa SMAN di Kota Malang, sampel penelitian berjumlah 400 siswa yang diperoleh dari metode cluster random sampling. Untuk mengukur ke tiga variabel, digunakan skala yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa 1) terdapat hubungan negatif antara perfeksionisme dengan prokrastinasi akademik dengan nilai thitung -8,472 ini berarti semakin tinggi perfeksionisme, maka semakin rendah prokrastinasi akademik dan sebaliknya. 2) tidak terdapat hubungan antara keyakinan irasional dengan prokrastinasi akademik, karena nilai sig