SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN TEKNIK KLARIFIKASI NILAI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MORAL DALAM UJIAN SISWA SMA

Abrilia Octavianita

Abstrak


ABSTRAK

 

Octavianita, Abrilia. 2017. Penerapan Teknik Klarifikasi Nilai sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Moral dalam Ujian Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Andi Mappiare A.T, M.Pd, (II) Irene Maya Simon, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: klarifikasi nilai, kesadaran moral, ujian siswa

 

Kesadaran moral dalam ujian merupakan suatu hal yang sangat penting dalam diri siswa. Siswa yang berperilaku sesuai dengan moral yaitu mereka mampu berperilaku dengan didasarkan atas pemahaman nilai yang dianutnya serta dapat menyesuaikan dengan peraturan yang ada di lingkungan masyarakat sehingga mampu mengembangkan kesadaran moral dalam ujian. Namun tidak semua siswa memahami dengan baik nilai-nilai moral dalam ujian yang perlu dijadikan pedoman setiap individu untuk mengatur perilakunya. Beberapa siswa tidak memahami nilai-nilai moral dalam ujian sehingga menunjukkan sikap yang tidak sesuai dengan moral yaitu mencontek saat ujian. Dalam hal ini, bimbingan dengan setting kelompok dapat berguna untuk membantu remaja mengatasi permasalahan hidupnya. Adapun bimbingan yang dapat membantu siswa memperjelas, menggali, menemukan, mengungkapkandanmemilihnilai yang dianutnyayaitu dengan teknik klarifikasi nilai.

Penelitian menguji perbedaan tingkat kesadaran moral dalam ujian siswa SMA menggunakan teknik klarifikasi nilai. Rumusan masalahnya bagaimanakahperbedaantingkatkesadaran moral dalamujiansiswa SMA Negeri 9 Malang sebelumdansetelahpenerapanteknikklarifikasinilai?

Rancangan penelitianpre-eksperimentalbentuk one-group pretest-postest design. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang yang memiliki skor kesadaran moral dalam ujian rendah dan sedang berdasarkan hasil pretest dengan menggunakan skala kesadaran moral dalam ujian yang telah diberikan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Wilcoxon Signed Rank Test.Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat kesadaran moral dalam ujian sebelum dan setelah penerapan teknik klarifikasi nilai.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi konselor SMA Negeri 9 Malang dan peneliti selanjutnya. Saran untuk konselor SMA Negeri 9 Malang adalah dapat menggunakan teknik klarifikasi nilai dengan menggunakan setting bimbingan kelompok yang terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran moral dalam ujian. Saran bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan waktu yang tepat dan menggunakan kelompok kontrol sehingga dapat diperoleh hasil keefektifan yang lebih akurat.