SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo.

Fifin Fadhilatul Umroh

Abstrak


ABSTRAK
 
Umroh, Fifin Fadhilatul. 2009. Efektivitas Penggunaan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd, (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si.
 
Kata Kunci: Kepercayaan diri, remaja, sosiodrama.
 
    Keprcayaan diri diartikan sebagai rasa kekuatan dan keyakinan pada diri sendiri serta kemampuan berpikir  positif dan rasional dalam memandang kehidupan sehingga seseorang berusaha untuk mencapai potensinya secara penuh. Kepercayaan diri dapat dibentuk dan dilatih dengan teknik yang bisa dipelajari oleh para remaja, salah satu bentuk teknik tersebut adalah sosoidrama. Treatment ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas  teknik sosiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.
    Rancangan penelitian ini termasuk dalam jenis rancangan penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah  pre test dan  post tes control group. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Masing-masing kelompok terdiri dari 35 siswa, sehingga jumlah keseluruhan subyek penelitian adalah 70 siswa SMP. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan t-test dengan bantuan  komputer  SPSS 13 for windows.  Instrumen penelitian berupa inventori kepercayaan diri, RPBK  (Rencana Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling) sosiodrama, pedoman observasi, dan format evaluasi. Indikator kepercayaan diri terdiri dari 8 aspek, antara lain: tujuan yang jelas, cinta diri, pemahaman diri, berpikir positif, pengendalian emosi, ketegasan, penampilan diri, dan keterampilan komunikasi. Sedangkan RPBK sosiodrama materinya disesuaikan dengan indikator kepercayaan diri.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri subyek penelitian pada kelompok eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan  t = 2.087 dan p < 0.05 (0.041) dan taraf signifikansi 95 %.
    Berdasarkan hasil penelitian, dapat  dikemukakan saran  untuk konselor antara lain adalah 1) konselor dapat menggunakan teknik sosiodrama sebagai salah satu teknik untuk memberikan layanan bimbingan kepada siswa, 2) penyampaian materi yang berkaitan dengan tema dalam permainan, seharusnya diberikan secara menarik dan jelas dengan tujuan agar siswa mampu memahami dan mengaplikasikan teori dalam bentuk tindakan. Sedangkan saran untuk peneliti selanjutnya adalah 1) dapat menambah variabel pembeda pada sample penelitian, seperti jenis teknik permainan yang digunakan, misalnya: teknik simulasi atau teknik  role playing, 2) peneliti sebaiknya melaksanakan tindakan pengontrolan pada kelompok kontrol selama pelaksanaan eksperimen berlangsung, 3) ada baiknya jika dilakukan lebih  dari satu kali pemberian  post test untuk melihat tingkat efektivitas jangka panjang pemberian treatment.

 

Teks Penuh: DOC PDF