SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERBUKAAN DIRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PONGGOK KABUPATEN BLITAR

Pipin Okta Viani

Abstrak


ABSTRAK

 

Viani, Pipin Okta. 2017. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Keterbukaan Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hariadi Kusumo, M.Pd. (II) Dr. Carolina Ligya Radjah, M.Kes.

 

Kata kunci : kepercayaan diri, keterbukaan diri

 

Rasa percaya diri pada remaja memegang peranan penting dalam kehidupan sosial. Pergaulan individu dengan lingkungan secara luas melibatkan aspek komunikasi didalamnya. Berkomunikasi dengan orang lain perlu adanya proses pengungkapan diri, karena komunikasi dengan orang lain akan lebih lancar apabila seseorang mampu dan berani untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara terbuka.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kepercayaan diri siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar, (2) tingkat keterbukaan diri siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar, dan (3) hubungan antara kepercayaan diri dengan keterbukaan diri siswa SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar.

Rancanganpenelitian yang digunakanadalahdeskriptifdankorelasional.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar dengan jumlah 243 orang siswa. Sampel penelitian menggunakan random sampling yang berjumlah 135orang siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) cukup banyak siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, (2) banyak siswa memiliki tingkat keterbukaan diri yang tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan keterbukaan diri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ponggok dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0.565 dan probabilitas  0.000 ≤ 0.005.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada konselor untuk memberikan program layanan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan indikator cinta diri dan kenyamanan saat melakukan keterbukaan diri, khususnya kelas X IPA. Untuk peneliti selanjutnya mampu mengembangkan suatu produk bimbingan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.