SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA MAHASISWA INDEKOS DI MALANG

TIFFANY DARYANTO

Abstrak


ABSTRAK

Daryanto, Tiffany. 2009. Hubungan antara Religiusitas dengan Perilaku Seks Pranikah Mahasiswa Indekos di Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dra. Endang Prastuti, M.Si (II) Nur Eva, S.Psi, M.Psi.

Kata Kunci : religiusitas, perilaku seks pranikah, mahasiswa indekos

    Fenomena perilaku seks pranikah sering terjadi dikalangan mahasiswa. Mahasiswa melakukan perilaku seks pranikah idsebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah religiusitas. Religisuitas dapat dijadikan salah satu faktor pengendali tingkah laku remaja, selain itu agama juga menyajikan suatu kerangka moral sehingga seseorang bisa membandingkan tingkah lakunya. Ada kencenderungan mahasiswa mulai melupakan nilai-nilai ajaran agamanya dan seiring dengan menurunnya peranan agama membuat mahasiswa melakukan perilaku seks pranikah.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana tingkat religiusitas, (2) bagaimana perilaku seks pranikah, (3) hubungan antara religiusitas dengan perilaku seks pranikah pada mahasiswa indekos di Malang.
    Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Populasi penelitian adalah berdasarkan kriteria dari penelitian yang berada di daerah kecamatan Lowokwaru Malang, dengan sampel sebanyak 60 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampel. Data Religiusitas dikumpulkan dengan Skala Religiusitas (koefisien validitas aitem antara 0,369-0,799 dan koefisien reliabilitas 0,702), data perilaku seks pranikah dikumpulkan dengan Skala Perilaku Seks Pranikah (koefisien validitas aitem antara 0,436 - 0,873 dan koefisien reliabilitas 0, 752). Dalam menghitung analisis deskriptif menggunakan teknik presentase dan analisis hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil analisis deskriptif  didapatkan sebagian besar mahasiswa indekos memiliki religiusitas sedang (30%) dan perilaku seks pranikah pada mahasiswa indekos sebagain besar rendah (36,7%). Sedangkan, untuk hasil analisis korelasi  menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara religiusitas dengan perilaku seks pranikah pada mahasiswa indekos di Malang (rxy = -0,673 dengan nilai Sig. = 0,000, Sig. < 0,05). Hal ini berarti, semakin tinggi religiusitas yang dimiliki oleh mahasiswa indekos maka semakin rendah perilaku seks pranikah.
    Disarankan Kepada : (1) mahasiswa untuk menjalankan perintah agama dan mendekatkan diri dengah Tuhan, agar terhindar dari perilaku seks pranikah (2) bimbingan dari orang tua untuk memberikan pendidikan sejak dini kepada anaknya mengenai religiusitas dan bahayanya melakukan perilaku seks pranikah (3) Bagi perguruan tinggi atau Universitas, pihak kemahasiswaan menyediakan layanan informasi dalam mencegah terjadinya perilaku seks pranikah.

 


Teks Penuh: DOC PDF