SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERMAINAN SNOWBALL THROWING SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN HUBUNGAN SEKSUAL PRANIKAH DI SMA

Nani' Yustilawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Yustilawati, Nani’. 2017. Pengembangan Permainan Snowball Throwing sebagai Upaya Pencegahan Hubungan Seksual Pranikah di SMA. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (1) Drs. Lutfi Fauzan, M. Pd. (II) Dr. Triyono, M. Pd.

 

Kata Kunci: snowball throwing, seksual, pranikah, siswa SMA

 

Hubungan seksual pranikah adalah hubungan seksual yang didorong oleh hasrat seksual baik dengan lawan jenis maupun sesame jenisnya sebelum adanya ikatan pernikahan. Berdasarkan hasil need assessment diketahui bahwa sebagian siswa masih membutuhkan informasi mengenai upaya pencegahan hubungan seksual pranikah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan permainan snowball throwing sebagai upaya pencegahan hubungan seksual pranikah di SMA dengan tujuan sebagai metode dalam layanan bimbingan kelompok.

Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Brog& Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah:  1) tahap I pengumpulan informasi, 2) tahap II pengembangan produkawal, 3) tahap III uji ahli bimbingan dan konseling; uji ahli media, 4) tahap IV revisi produk berdasarkan uji ahli bimbingan dan konseling; uji ahli media, 5) tahap V uji calon pengguna produk; revisi berdasarkan hasil uji calon pengguna produk; uji kelompok kecil; revisi berdasarkan hasil uji kelompok kecil, 6) tahap VI penyusunan produk akhir.

Produk yang dihasilkan adalah 1) Permainan snowball throwing sebagai Upaya Pencegahan Hubungan Seksual Pranikah di SMA, 2) Panduan Permainan snowball throwing sebagai Upaya Pencegahan Hubungan Seksual Pranikah bagi konselor. Langkah-langkah permainan snowball throwing adalah membentuk kelompok, menjelaskan aturan main, anggota kelompok melempar bola secara acak hingga music berhenti, siswa mendapat kartu, siswa berdiskusi. Panduan untuk konselor berisi 3 bab yaitu bab I pendahuluan, bab II panduan penggunaan permainan snowball throwing, dan bab III evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli, calon pengguna produk dan kelompok kecil serta revisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan, dapat disimpulkan bahwa produk dapat berterima secara teoritis dan praktis.

Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan permainan snowball throwing ini terdapat materi yang harus dikuasai oleh pengguna permainan sehingga disarankan konselor sebagai pengguna produk untuk mempelajari panduan penggunaan permainan snowball throwing sebagai metode bimbingan kelompok. Bagi penelitian selanjutnya, dikarenakan pengembangan ini hanya sampai pada uji kelompok kecil maka hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan permainan snowball throwing ini dalam upaya pencegahan hubungan eksual pranikah di SMA.