SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH SOFT MUSIC TERHADAP DEPRESI LANSIA DI PANTI WREDHA SANTO YOSEPH KEDIRI

FITARONI SRIHASTUTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Srihastuti, F. 2010. Pengaruh Soft Music Terhadap Lansia di Panti Wredha Santo Yoseph Kediri. Skripsi, Program Studi Psikologi Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci: depresi, lansia, soft music

Depresi merupakan suatu gangguan keadaan tonus perasaan yang secara umum ditandai oleh rasa kesedihan, apatis, pesimisme, dan kesepian yang mengganggu aktivitas sosial dalam sehari-hari. Depresi biasanya terjadi pada saat stress yang dialami seseorang tidak kunjung reda, sebagian besar individu pernah merasa sedih atau jengkel, kehidupan yang penuh masalah, kekecewaan, kehilangan dan frustasi yang dengan mudah menimbulkan ketidakbahagiaan dan keputusasaan. Kesehatan fisik yang menurun pada lansia berpengaruh pada kesehatan psikis. Dengan berubahnya penampilan, menurunnya fungsi panca indera menyebabkan lansia merasa rendah diri, mudah tersinggung dan merasa tidak berguna lagi. Emosi-emosi negatif yang muncul pada lansia semacam itu dapat menimbulkan depresi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh soft music terhadap depresi lansia di Panti Wredha Santo Yoseph Kediri.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian randomized matched two-group design. Subyek penelitian sebanyak 12 orang adalah wanita lansia di Panti Wredha Santo Yoseph Kediri dengan tingkat depresi sedang dan ringan. Subyek dibagi menjadi dua kelompok penelitian dengan cara matching tingkat depresi dan random assigment. Dua kelompok penelitian mendapatkan perlakuan yang berbeda, yaitu kelompok eksperimen diberi perlakuan mendengarkan soft music berupa instrument lagu Jawa dan kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan. Perlakuan diberikan secara bersama-sama dalam sebuah ruangan selama tiga jam tiga puluh menit seminggu, tujuh kali diputar pada hari yang berbeda dan diputar dua kali dalam sehari dengan durasi 15 menit. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik non parametrik, uji beda sample berpasangan (Wilcoxon).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Zhitung = -2,003 (nilai mutlak); p = 0,045 (p


Teks Penuh: DOC PDF