SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Teknik Peer Group Discussion untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa XII S1 di MAN Malang I

Binti Isrofin

Abstrak


ABSTRAK

Isrofin, Binti. 2009. Penerapan Teknik Peer Group Discussion untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa XII S1 di MAN Malang I. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Ramli, M.A. (II) Drs. M. Bisri, M.Si.

Kata Kunci: Teknik Peer Group Disscussion, Konsep Diri

    Penelitian ini didasarkan atas fenomena yang terjadi di lapangan yang mengindikasikan adanya pelayanan Bimbingan dan Konseling yang belum maksimal serta adanya sikap dan perilaku yang mengarah pada gejala-gejala konsep diri yang negatif pada siswa kelas XII S1 MAN Malang I tahun ajaran 2009/2010. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan teknik peer group discussion untuk meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XII S1 di MAN Malang I.
    Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Subjek penelitian ini sebanyak sebelas siswa kelas XII S1 di MAN Malang I yang memiliki konsep diri yang rendah di antara teman-teman sekelasnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2009 dalam 2 tahap, yaitu (1) tahap pratindakan dan (2) tahap tindakan. Tahap tindakan terdiri dari tindakan I dan tindakan II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, inventori konsep diri yang terdiri dari 38 item, wawancara, dokumentasi dan cacatan lapangan.
    Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peneliti, aktivitas anggota kelompok yang mengarah pada perilaku konsep diri positif siswa pada observasi awal sebesar 21.33% (Kurang), pada tindakan I sebesar 32.45% (Sedang) dan pada tindakan II sebesar 58.74 % (Baik). Dengan demikian peningkatan aktivitas anggota kelompok yang mengarah pada perilaku konsep diri positif dari observasi awal ke tindakan II sebesar 37,41%. Berdasarkan inventori konsep diri yang telah dilancarkan dapat diketahui bahwa rata-rata konsep diri positif anggota kelompok sebelum tindakan adalah 51.32% berada pada kategori " Sedang", sedangkan ratarata konsep diri positif anggota kelompok pada tindakan I adalah 57. 89% berada pada kategori "sedang" dan rata-rata konsep diri positif siswa pada tindakan II adalah 68. 42% berada pada kategori "tinggi". Dengan demikian peningkatan konsep diri positif siswa dari sebelum tindakan ke tindakan II sebesar 17.10%.
    Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa teknik peer group discussion dapat meningkatkan konsep diri positif siswa kelas XII S1 MAN Malang I Tahun Pelajaran 2009/2010. Dari hasil penelitian tersebut mengarahkan rekomendasi agar konselor MAN Malang I hendaknya bisa memberikan pelayanan yang efektif terhadap siswa terutama yang berkaitan dengan konsep diri siswa, salah satunya melalui teknik peer group discussion.


Teks Penuh: DOC PDF