SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS XI SMA LABORATORIUM UM MALANG

DANNY BAKTI HARIYANTO

Abstrak


ABSTRAK
 
Hariyanto, Danny Bakti.  2009. Hubungan  antara  Status  Sosial Ekonomi Orang Tua  dengan  Kepercayaan Diri  Siswa  Kelas  XI  SMA  Laboratorium  UM Malang.  Skripsi.  Jurusan  Bimbingan  Konseling  dan  Psikologi.  Fakultas Ilmu  Pendidikan Universitas  Negeri Malang.  Pembimbing  (1) Dra.  Ella Faridati Zen. M.Pd. (II) Drs. Hariadi Kusumo
 
Kata kunci: Status sosial ekonomi orang tua, kepercayaan diri, siswa SMA
 
    Lingkungan sosial  tempat remaja berinteraksi  terdiri dari berbagai  tingkat status  sosial  ekonomi. Tingkat  status  sosial  ekonomi  yang  dimiliki  remaja  tidak lepas  dari  tingkat  status  sosial  ekonomi  orang  tua  sebab  status  sosial  ekonomi orang  tua  selalu mengiringi  perkembangan  kepribadian  anak.  Lingkungan  yang mendukung/menerima keberadaan  individu akan dapat membantu  individu untuk mengembangkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri merupakan suatu pandangan seseorang  atas  kemampuan  dirinya  yang  terdiri  dari  kepercayaan  diri  lahir  dan batin yang meliputi  sikap  lebih positif  terhadap dirinya  sendiri maupun  terhadap lingkungan  atau  situasi  yang  dihadapinya  dengan  mencintai,  dan  memahami dirinya, memiliki  tujuan hidup yang  jelas, berpikir positif, memiliki kemampuan berkomunikasi,  memiliki  ketegasan,  penampilan  diri  yang  baik,  serta pengendalian perasaan.
    Penelitian  ini dilakukan dengan  tujuan untuk mengetahui: 1) status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang 2) kepercayan diri siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang 3) hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas XI SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang.
    Rancangan  penelitian  ini  adalah  deskriptif    korelasional.  Populasi  dalam penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  XI  SMA  Laboratorium  Universitas  Negeri Malang  dengan  jumlah  populasi  172  responden.  Pengambilan  sampel  dilakukan dengan  teknik  Random  sampling  sehingga  jumlah  total  sampel  122  responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket status sosial ekonomi dan  skala  kepercayaan  diri.  Analisis  data  menggunakan  analisis  deskriptif  dan korelasi product moment.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) banyak (62,30%) orang tua siswa kelas  XI  SMA  Laboratorium  Universitas  Negeri Malang  yang  memiliki  status sosial ekonomi menengah. Sedikit (16,39%) orang tua siswa yang memiliki status sosial ekonomi  tinggi, serta ada sedikit  (21,31%) orang  tua siswa yang memiliki status  sosial  ekonomi  rendah.  2)  banyak  (42,62%)  siswa  yang  memiliki kepercayaan diri yang sedang. Sedikit (20,49%) siswa yang memiliki kepercayaan diri  tinggi  dan  sedikit  (20,49%)  siswa  yang memiliki  kepercayaan  diri  rendah. Sedikit  sekali  (9,02%)  siswa  yang memiliki  kepercayaan  diri  sangat  rendah  dan sedikit  sekali  (7,38%)  siswa  yang  memiliki  kepercayaan  diri  sangat  tinggi.  3) Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  ada  hubungan  yang  signifikan  antara  status sosial  ekonomi  orang  tua  dengan  kepercayaan  diri  siswa  kelas  XI  SMA Laboratorium  Universitas  Negeri Malang  sebesar  0,549  pada  taraf  signifikansi 0,000 

Teks Penuh: DOC PDF