SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN KEPRIBADIAN TIPE A DENGAN KECENDERUNGAN PENYAKIT JANTUNG PADA PEMERAN PEMBARONG DI PEMENTASAN KESENIAN REYOG KECAMATAN PONOROGO

YUSSIDA OKTAVIANA MURTY

Abstrak


ABSTRAK

Murty, Yussida Oktaviana. 2009. Hubungan antara Kepribadian Tipe A dengan Kecenderungan Penyakit Jantung Pada Pemeran Pembarong di Pementasan Kesenian Reyog Kecamatan Ponorogo. Skripsi. Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Weni Utami, M.Si, (2) Fattah Hidayat, S. E, S. Psi, M. Si.

Kata kunci: kepribadian tipe A, kecenderungan penyakit jantung

Penyakit jantung terjadi ketika pembuluh koroner yang menyuplai darah ke jantung mengalami penyempitan selama masa dewasa tengah. Selain factor usia, hal yang memiliki peran bahwa seseorang berkecenderungan menderita penyakit jantung ialah dari kepribadian. Dalam masyarakat terdapat berbagai macam individu dengan berbagai macam pula kebiasaan, pola perilaku, tabiat, karakteristik serta berbagai macam kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkap hubungan antara kepribadian tipe A dan kecenderungan penyakit jantung pada pemeran pembarong di pementasan kesenian Reyog kecamatan Ponorogo.

            Kepribadian tipe A adalah tipe kepribadian dengan karakteristik  yaitu ambisius, agresif, terburu-buru dalam aktivitas, perfeksionis, terdapat persaingan yang tinggi, polyphasic (dapat mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu), serta tidak bersahabat dengan orang lain. Kecenderungan penyakit jantung adalah gejala-gejala yang dirasakan oleh seseorang, antara lain: nyeri dari aorta yang dirasakan di sekitar leher bagian belakang, diantara bahu, punggung sebelah bawah atau di perut; sesak nafas; kelelahan atau kepenatan; palpitasi (jantung berdebar-debar); serta pusing dan pingsan.

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ponorogo, dengan jenis penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Subjek yang dijadikan sampel penelitian adalah pemeran pembarong di pementasan kesenian Reyog kecamatan Ponorogo sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala kepribadian tipe A dengan menggunakan model penskalaan Likert dan pengukuran denyut jantung dengan alat EKG serta wawancara. Dari hasil uji coba diperoleh 36 butir aitem valid dengan reliabilitas sebesar 0,94. Analisis deskriptif menggunakan mean dan standar deviasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment Pearson.

Hasil penelitian ini menunjukkan kepribadian tipe A pemeran pembarong sebagian besar hanya berkecenderungan memiliki kepribadian tipe A yaitu sebesar 67,5% (27 orang), dan kecenderungan penyakit jantung juga berada di kategori sedang sebesar 60% (24 orang). Dari hasil analisis korelasional diketahui bahwa terdapat hubungan positif yang lemah antara kepribadian tipe A dengan kecenderungan penyakit jantung pemeran pembarong (rxy= 0,377, keofisien rendah; p=0,016 < 0,05), hal ini berarti bahwa hipotesis awal penelitian ini diterima.

Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan pemeran pembarong dapat memperhatikan kepribadian tipe A yang dimiliki yang selanjutnya akan mempengaruhi kecenderungan penyakit jantung. Pemeran pembarong diharapkan mampu memperhatikan kembali perilaku sebagai bentuk kepribadian tipe A untuk tujuan jangka panjang, dapat menghindari kecenderungan penyakit jantung yang merugikan.


Teks Penuh: DOC PDF