SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Pendekatan Konseling Trait and Factor Dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Muallimin Malang

vidyanto zubriant

Abstrak


ABSTRAK

 

Zubriant, Vidyanto. 2013. Efektifitas Pendekatan Konseling Trait and Factor Dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MA Muallimin Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Widada, M.Si. (II) Dra. Hj. Ella Faridati Zen, M.Pd.

 

Kata Kunci : trait and factor, pretasi belajar, MA Muallimin NU.

 

Prestasi belajar diartikan sebagai keberhasilan murid dalam mempelajari mata pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai jumlah mata pelajaran tertentu (Nawawi 2001 : 100). Prestasi belajar yang sangat mudah diamati adalah dengan melalui angka- angka atau huruf yang menunjukkan hasil belajar, contoh raport dan Kartu Hasil Ujian seperti yang dijelaskan oleh Marsun dan Martaniah (dalam Sia Tjundjing 2000 : 71) prestasi belajar merupakan hasil kegiatan belajar, yaitu sejauh mana peserta didik menguasai bahan pelajaran yang diajarkan, yang diikuti oleh munculnya perasaan puas bahwa ia telah melakukan sesuatu dengan baik. Hal ini berarti prestasi belajar hanya bisa diketahui jika telah dilakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Dengan adanya prestasi belajar ini, perkembangan hasil belajar siswa dapat diketahui dan diamati. Normalnya semakin bagus prestasi belajar siswa maka semakin optimal pula hasil belajarnya, sebaliknya jika prestasi belajar rendah atau turun, maka kurang optimal pula kualitas hasil belajarnya. Sebenarnya banyak faktor yang mempengaruhi turunnya prestasi belajar siswa, baik yang berasal dari aspek diri pribadi maupun aspek lingkungan sekitar. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan bantuan yang efektif guna meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI MA Muallimin NU Malang. Salah satunya dengan bantuan layanan konseling pendekatan Trait and Factor.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara konseling Trait and Factor dan prestasi belajar kelas XI MA Muallimin NU Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment/pre ekperimental design) dengan desain Pre-test and Post-test Group. Subjek dipilih berdasarkan data nilai raport atau nilai hasil ujian tengah semester, yakni lima siswa yang nilai prestasi belajar rendah.

 

Analisis data menggunakan statistik inferenial non parametrik, yaitu uji two related samples tests Wilcoxon untuk mengetahui pengaruh antara konseling Trait and Factor dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai Wilcoxon sebesar (Z = -2.023a) dan nilai probability error post-test yakni kurang dari 0,05 (p = 0.043 < 0.05), sehingga dapat disimpulkan bahwa penedekatan Trait and Factor berpengaruh untuk meningkatkan prestasi be;ajar siswa kelas XI Madrasah Muallimin NU Malang.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar: 1) Bagi konselor dapat membantu siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dengan menggunakan pendekatan Trait and Factor, sehingga dengan pendekatan ini prestasi belajar siswa dapat diperbaiki, 2) Bagi peneliti selanjutnya hendaknya lebih mampu untuk memberikan pemahaman tentang pengaplikasian yang baik pada kehidupan nyata pada siswa agar tidak terjadi penurunan prestasi belajar kembali setelah jangka waktu tertentu dan mencoba untuk menerapkan pendekatan Trait and Factor   pada populasi yang berbeda ataupun pada kondisi selain prestasi belajar.