SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN DI MAN 3 MALANG

ALIF CALISTIA RAMADHANI

Abstrak


ABSTRAK
 
Ramadhani, Alif Calistia. 2009. Perbedaan Penyesuaian Sosial Remaja Ditinjau dari  Urutan  Kelahiran  di  MAN  3  Malang.  Program  Studi  Psikologi. Jurusan  Bimbingan Konseling  dan  Psikologi.  Fakultas  Ilmu  Pendidikan, Universitas  Negeri  Malang.  Pembimbing:  (1)  Dr.  Fattah  Hanurawan, M.Si., M.Ed. (II) Fattah Hidayat, S.E., S.Psi., M.Si.
 
Kata kunci: urutan kelahiran, penyesuaian sosial, remaja
 
    Penelitian  terhadap  anak-anak,  remaja-remaja,  dan  orang  dewasa  dari berbagai urutan kelahiran, menunjukkan betapa posisi urutan dapat menjadi faktor yang  kuat  dalam menentukan  jenis  penyesuaian  pribadi  dan  penyesuaian  sosial yang harus dilakukan individu sepanjang rentang kehidupan (Hurlock, 1990). Hal tersebut berhubungan dengan bagaimana orang  tua memperlakukan seorang anak di dalam  lingkungan keluarga. Pada umumnya, perlakuan orang  tua kepada anak berbeda  berdasarkan  urutan  kelahirannya.  Hal  ini  menimbulkan  perbedaan karakteristik kepribadian anak dan bagaimana dia menjalani kehidupan sosialnya.
    Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian sosial remaja pada anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu. Rancangan  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  deskriptif  dan komparatif,  sedangkan  pengambilan  sampel  dilakukan  dengan  teknik  purposive sampling. Teknik analisis hipotesis yang digunakan adalah teknik one way anova. Jumlah subjek berjumlah 90 orang, dengan anak sulung sebanyak 30 subjek, anak tengah  sebanyak  30  subjek,  dan  anak  bungsu  sebanyak  30  subjek.  Penelitian menggunakan  skala  penyesuaian  sosial  yang  dikembangkan  oleh  peneliti,  yang disusun berdasarkan aspek penyesuaian sosial dari Schneiders (1955).
    Hasil  penelitian menunjukkan  ada  perbedaan  tentang  penyesuaian  sosial remaja  bila  ditinjau  dari  urutan  kelahiran,  yaitu  pada  anak  sulung,  anak  tengah, dan anak bungsu di MAN 3 Malang, dilihat dari hasil perhitungan p sebesar 0,003 < 0,05.
    Berdasarkan  hasil  penelitian,  disarankan  bagi  siswa  untuk meningkatkan penyesuaian sosial dan kemampuan  interaksi sosial dengan keluarga,  lingkungan sekolah  dan  lingkungan  masyarakat  agar  dapat  membentuk  penyesuaian  sosial yang  lebih  baik.  Untuk  peneliti  selanjutnya  dengan  tema  yang  sama,  agar membuat  alat  pengukur  data  penelitian  dengan  item-item  pernyataan  yang  lebih cermat,  memperluas  wilayah  penelitian,  mempertimbangkan  subyek  yang  akan diteliti  apakah  sudah  memenuhi  kriteria  yang  telah  ditetapkan  dan  juga memperbanyak  jumlah  sampel  penelitian.  Dan  untuk  pihak  sekolah  dapat meningkatkan  layanan  psikologi  di  sekolah  agar  dapat  digunakan  para  siswa untuk mendiskusikan permasalahan sosial dengan guru di sekolah.

 

Teks Penuh: DOC PDF