SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Monopoli untuk Pengenalan Karir Siswa Sekolah Dasar Kelas V

Linda Maftuhatun Nikmah

Abstrak


Nikmah, Linda Maftuhatun,. 2016. Pengembangan Permainan Monopoli untuk Pengenalan Karir Siswa Sekolah DasarKelasV.Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. H. Widada, M.Si (II) Drs. Djoko Budi Santoso, M.Pd.

Kata Kunci:permainan monopoli, pengenalan karir, siswa sekolah dasar kelas V

Penelitian ini dikembangkan berdasarkan uji teori tik dan uji empirik.Uji teoritik dilakukan dengan menganalisis teori-teori tentang karakteristik siswa sekolah dasar.Uji empiric dilakukan dengan cara wawancara dengan guru di Sekolah Dasar dan juga pembagian intstrumen kesadaran karir. Berdasarkan hasil wawancara danneed assessment yang dilakukan dapat diketahui bahwa bimbingan dan konseling di SD khususnya bimbingan karir masih belum terlaksana secara maksimal.Oleh karena itu, pengembang membuat sebuah media yang dapat di gunakan oleh guru SD untuk memberikan materi bimbingan karir khususnya pengenalan jenis-jenis pekerjaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan sebagai sarana konselor atau guru sekolah dasar dalam pemberian layanan bimbingan karir khususnya pengenalan jenis-jenis pekerjaan untuk siswa sekolah dasar kelas Vdengan menggunakan teknik permainan simulasi (monopoli).

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan (Research and Development) Borg and Gall (1983).Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif Data kuantitatif yang diperoleh akan diolah dengan teknik deskriptif persentase yaitu dengan cara mengubah data kuantitatif yang kemudian diinterpretasikan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Teknik analisis kuantitatif digunakan saat menganalisis angket kesadaran diri dan skala interpretasi format penilaian produk.Sedang kanan alisiskualitatif dilakukan untuk hasil wawancara dengan guru sekolah dasar dan saran yang diterima dari ahli materi dan ahli media BK.

Hasil penelitian ini berupa media permainan monopoli karier yang mendapat validasi secara teoritis dengan kelayakan secara teoritis dengan kelayakan aspekmateri 78% dan aspek media 91,38%. Dari deskripsi tersebut, media permainan monopoli layak dan dapat diimplementasikan untuk kegiatan pemberian layanan bimbingan karier dengan materi pengenalan karier pada siswa sekolah dasar kelas V.

Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, disarankan kepada guru di SDN Kendal rejo 01 Kecamatan Talun Kabupaten Biltar untuk menggunakan media ini dalam pemberian layanan bimbingan karir kepada siswa kelas V dan untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan perangkat permainan monopoli yang dihasilkan dengan melakukan uji coba pada kelompok operasional untuk mengetahui efektivitasnya.