SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Eksplorasi Karier terhadap Kematangan Perencanaan Karier Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar

Aditya Warman

Abstrak


Adityawarman. 2016. Pengaruh Eksplorasi Karier terhadap Kematangan Perencanaan Karier Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Widada, M.Si, (II) Dra. Elia Flurentin, M. Pd.

Kata Kunci: eksplorasi karier, kematangan perencanaan karier, siswa SMP

Kematangan perencanaan karier merupakan tingkat kesesuaian antara individu dengan proses yang terjadi selama pembuatan keputusan untuk memilih suatu pekerjaan tertentu. Tingkat kematangan perencanaan karier individu ditunjukkan dengan adanya sikap konsistenitas terhadap pemilihan karier tertentu. Kematangan perencanaan karier meliputi indikator sikap dan kompetensi, sehingga dapat diukur kematangannya. Klasifikasi kematangan perencanaan karier dibagi menjadi 4 (empat) klasifikasi yang meliputi perencanaan karier matang, perencanaan karier cukup matang, perencanaan karier kurang matang, dan perencanaan karier tidak matang. Tingkat kematangan perencanaan karier dapat ditingkatkan dengan menggunakan beberapa metode pelatihan, yang selanjutnya disebut sebagai pemberian layanan eksplorasi karier.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kematangan perencanaan karier siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar, dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh eksplorasi karier terhadap kematangan perencanaan karier siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tidak sebenarnya (pre experiment). Peneliti menggunakan one group pre-test and  post-test design. Subjek penelitian diambil sebanyak ± 21,9% dari keseluruhan populasi yang dibagi menjadi 2 (dua) kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik statistik non-parametrik uji Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) yang terdapat di dalam SPSS 21.0 for Windows.

Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa; (1) kematangan perencanaan karier siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar sebanyak 22 atau sebesar 30,1% (sedikit) orang memiliki kategori perencanaan karier matang, 49 atau sebesar 67,1% (banyak) orang memiliki perencanaan karier cukup matang, dan 2 atau sebesar 2,8% (sangat sedikit) orang memiliki perencanaan karier kurang matang, dari keseluruhan subjek penelitian sebanyak 73 orang siswa, (2) pemberian layanan bimbingan berupa pelatihan eksplorasi karier dapat meningkatkan kematangan perencanaan karier siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wlingi Kabupaten Blitar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, (1) konselor hendaknya memberikan layanan bimbingan eksplorasi karier berupa assesment diri, diskusi, dan problem solfing untuk meningkatkan kematangan perencanaan karier siswa SMP, (2) peneliti selanjutnya diharapkan menguji keefektifan pemberian layanan eksplorasi karier dengan menggunakan kelompok kontrol dan pemilihan subjek penelitian ditentukan secara random.