SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KECENDERUNGAN RENCANA PILIHAN KARIER SISWA ERDASARKAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI KARIER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI DI KABUPATEN PACITAN

DINI WIDIATAMA

Abstrak


ABSTRAK

Widiatama, Dini. 2009. Kecenderungan Rencana Pilihan Karier Siswa Berdasarkan Status Sosial Ekonomi Orangtua Dan Pemberian Layanan Informasi Karier Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Pacitan. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Henny Indreswari, M.Pd (II) Drs.Djoko Budi Santoso.

Kata kunci: pilihan karier, status sosial ekonomi orangtua, pemberian layanan informasi karier

    Salah satu tugas perkembangan masa remaja adalah memilih dan menyiapkan pekerjaan. Untuk mencapai pekerjaan yang diinginkan diperlukan pendidikan, keahlian tertentu, dan informasi. Pilihan karier siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah status sosial ekonomi orangtua dan pemberian layanan informasi karier di sekolah. Masalah yang sering ditemui oleh para remaja pada tahap perkembangan ini, antara lain orangtua yang memaksakan kehendaknya kepada anak untuk memilih jurusan dan pendidikan atau mempersiapkan pekerjaan tertentu yang sebenarnya bukan kehendak atau pilihan anak, di samping itu remaja juga kurang mendapatkan informasi terkait dengan karier sehingga dalam menentukan karier tidak berdasarkan pertimbanganyang matang.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profil status sosial ekonomi orangtua, (2) pemberian layanan informasi karier siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Pacitan, (3) rencana pilihan karier siswa, (4) hubungan antara status sosial ekonomi orangtua dan pemberian layanan informasi karier dengan pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Pacitan.
    Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Penelitian ini mengambil populasi sebanyak 424 orang siswa kelas XI SMA Negeri Pacitan tahun ajaran 2009/2010, sedangkan sampel penelitian sebanyak 131 orang siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan persentase dan analisis data non parametrik Spearman Rank.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) status sosial ekonomi orangtua siswa kelas XI SMA Negeri Pacitan tergolong menengah (51,9%), (2) pemberian layanan informasi karier di sekolah termasuk dalam kategori sangat sering diberikan (79,38%), (3) pilihan karier siswa tentang: (a) rencana siswa setamat SMA paling banyak melanjutkan ke perguruan tinggi (95,41%), (b) pilihan bidang karier yang paling banyak diminati siswa adalah bidang jasa (45,03%), (c) pilihan jenjang karier yang paling banyak dipilih siswa adalah pekerjaan profesional (67,93%), (4) ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orangtua dan pemberian layanan informasi karier dengan pilihan karier siswa kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Pacitan.
    Saran yang dapat diajukan (1) konselor hendaknya selalu memberikaninformasi karier yang up to date terkait dengan rencana siswa setamat SMA, informasi tentang perguruan tinggi/lembaga kursus, serta melakukan kerjasamadengan pihak-pihak tertentu yang relevan untuk memberikan informasi karier yang dibutuhkan siswa, ( 2) kepala sekolah dapat bekerjasama dengan konselor menjelaskan kepada guru-guru dan orangtua siswa mengenai program-program bimbingan yang dilaksanakan di sekolah, (3) peneliti selanjutnya diharapkan dapat menjadikan penelitian lebih lanjut dengan menambahkan variabel yang belum diteliti yang berkaitan dengan karier.


Teks Penuh: DOC PDF