SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Efikasi Diri Akademik Antara Siswa yang Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert di SMA Negeri I Trenggalek

RENY FARIDA FATMAWATI

Abstrak


ABSTRAK
 
Fatmawati, Reny Farida. 2009. Perbedaan Efikasi Diri Akademik antara Siswa yang Berkepribadian Ekstrovert dan Introvert di SMA Negeri 1 Trenggalek. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Widada, M.Si. (II) Dr. Andi Mappiare AT,.M.Pd.

Kata Kunci: efikasi diri akademik, kepribadian ekstrovert, kepribadian introvert
 
    Efikasi diri akademik pada umumnya tidak sama, ada yang tinggi dan ada yang rendah. Perbedaan ini salah satunya dipengaruhi oleh kepribadian yang dimiliki oleh siswa tersebut yaitu siswa yang berkepribadian ekstrovert ataupun introvert. Siswa yang berkepribadian ekstrovert memiliki efikasi diri akademik yang lebih tinggi daripada siswa yang berkepribadian introvert. Hal ini karena mereka memiliki keyakinan diri yang tinggi, ketekunan dan tanggung jawab yang kuat dalam meyelesaikan sejumlah tugas. Siswa dengan efikasi diri yang tinggi akan merasa tertantang, tekun ketika menghadapi suatu tugas yang sulit, tidak mudah putus asa, dan menganggap kegagalan sebagai motivasi mereka untuk dapat bekerja lebih baik lagi. Sumber terbentuknya efikasi diri seseorang didapat dari pengalaman keberhasilan, pengalaman vikarius yang didapat dari model sosial, persuasi sosial, dan keadaan emosional.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat efikasi diri akademik siswa yang berkepribadian ekstrovert, dan (2) pada siswa yang berkepribadian introvert, serta (3) perbedaan efikasi diri akademik antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain deskriptif komparatif pada populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Trenggalek tahun ajaran 2009/2010. Sampel diambil dengan teknik random sampling, yaitu teknik yang dilakukan dengan memberikan kemungkinan yang sama bagi individu untuk dipilih menjadi anggota sampel. Data diambil dengan menggunakan angket dan dianalisis dengan teknik persentase dan Uji-t.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa berkepribadian ekstrovert memiliki efikasi diri akademik tinggi yang jumlahnya banyak dan sedang jumlahnya sedikit serta sangat tinggi, rendah dan sangat rendah jumlahnya sangat sedikit, (2) siswa berkepribadian introvert memiliki efikasi diri akademik sedang yang jumlahnya banyak dan tinggi jumlahnya sedikit serta rendah, sangat rendah, dan sangat tinggi jumlahnya sangat sedikit, (3) Ada perbedaan efikasi diri akademik antara siswa yang berkepribadian ekstrovert dan introvert di SMA Negeri 1 Trenggalek (t=8,242 dan signifikan 0,000 ˂ 0,05 ) dan tingkat efikasi diri akademik siswa yang berkepribadian ekstrovert lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang berkepribadian introvert (selisih mean = 57,7708)
    Berdasarkan hasil penelitian di SMA Negeri 1 Trenggalek, disarankan bagi kepala sekolah untuk membuat kebijakan dengan cara pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan dan efikasi diri akademik. Sementara konselor sekolah dapat memberikan layanan tentang percaya diri dan cara untuk meningkatkannya menggunakan teknik ekspositori terutama untuk siswa yang berkepribadian introvert dan memberikan permainan sosiodrama dengan melibatkan siswa terutama siswa yang berkepribadian introvert dengan tema giat belajar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian yang berkaitan dengan efikasi diri akademik dan kepribadian individu faktor-faktor yang melatarbelakangi dan topik-topik lain yang  terkait dengan efikasi diri akademik dan tipe kepribadian.

 

Teks Penuh: DOC PDF