SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEEFEKTIFAN PANDUAN PENGASUHAN DEMOKRATIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN WALI SISWA DALAM MEMBIMBING KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SD BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

ARDINA RIDIYA

Abstrak


Ridiya, Ardina, 2016. Keefektifan Panduan Pengasuhan Demokratis Untuk Meningkatkan Kemampuan Wali Siswa Dalam Membimbing Kemandirian Belajar Siswa di SD Brawijaya Smart School Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si, (2) Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd.Kata Kunci : pengasuhan demokratis, wali siswa, kemandirian belajar, siswa SD

 Salah satu faktor dalam keluarga yang mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian siswa adalah pola pengasuhan. Oleh karena itu perlu strategi pengasuhan agar siswa bisa menjadi pribadi yang mandiri dalam belajar. Pengasuhan demokratis merupakan proses interaksi antara orang tua dan anak yang meliputi kegiatan seperti memelihara, mendidik, membimbing serta mendisiplinkan dalam mencapai proses kemandirian anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan panduan pengasuhan demokratis pada wali siswa dalam membimbing kemandirian belajar siswa di SD Brawijaya Smart School Malang.

Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain Single Subject Research, subjek berjumlah 10 orang wali siswa. Data dikumpulkan melalui angket pengasuhan demokratis, lembar observasi kemandirian belajar siswa, dan pedoman eksperimen (lembar evaluasi dan laporan kemajuan diri). Hasil uji validitas dan reliabilitas dari 30 item didapatkan 5 item dengan (r hitung ≤ 0,300), sehingga 5 item dikatakan tidak valid dan hanya menggunakan 25 item valid. Data dianalisis dengan teknik wilcoxon signed rank test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengasuhan demokratis dengan kemampuan wali siswa dalam membimbing kemandirian belajar siswa di SD Brawijaya Smart School Malang. dilihat dari perbedaan (mean pretest-posttest kelompok pengasuhan demokratis yaitu 53,6 dan 80,5, dan mean pra-treatment dan post-treatment kelompok kemandirian belajar siswa yaitu 41,9 dan 82,5). Hasil analisis didapatkan nilai (t = -2,805, p value