SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa SMP

ABDI ROBI IRHAMI

Abstrak


Tanggung jawab adalah sifat yang ada didalam diri manusia. Tanggung jawab harus muncul ketika manusia melakukan sebuah tindakan atau perlakuan yang baik maupun salah. Setiap manusia harus mempunyai sikap tanggung jawab baik di masyarakat maupun di sekolah, terutama tanggung jawab akademik. Bentuk tanggung jawab akademik siswa misalnya belajar materi pelajaran setiap hari, mengerjakan tugas, mengerjakan pekerjaan rumah. Diperlukan cara untuk memfasilitasi konselor dalam meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP, diantaranya menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Didalam sosiodrama siswa terlibat secara langsung dalam memainkan peran. Permasalahan yang muncul berkaitan dengan permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah, sehingga sosiodrama dipandang tepat untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk panduan sosiodrama untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP dengan memenuhi kriteria ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan.

Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan teknik sosiodrama ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall, dengan langkah-langkah: (1) Pengumpulan Informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Produk, (4) Uji Coba Produk, (5) panduan sosiodrama untuk meningkatkan tanggung jawab akademik siswa SMP. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, calon pengguna (konselor) dan diujicobakan kepada siswa.

Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi produk ini termasuk dalam kategori tepat, sangat berguna, mudah, dan menarik ahli media produk ini termasuk dalam kategori sangat tepat, sangat berguna, mudah, dan menarik. Berdasarkan hasil uji calon pengguna didapatkan hasil bahwa produk ini termasuk dalam kategori tepat, berguna, mudah dan menarik. Dari hasil validasi uji kelompok kecil, produk ini termasuk dalam kategori mudah, sangat jelas, sangat berguna dan sangat menarik.

Saran yang diberikan adalah (1) bagi konselor panduan sosiodrama ini dapat digunakan oleh konselor dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling, khususnya dalam membantu siswa SMP meningkatkan tanggung jawab akademik. (2) bagi peneliti selanjutnya sebagai pengetahuan dan studi pustaka untuk penelitian selanjutnya. Selain itu penelitian ini dapat juga dijadikan bahan referensi untuk penelitian yang serupa.