SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INVENTORI KECERDASAN INTERPERSONAL DALAM BENTUK SOFTWARE UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Moch. Muadzin

Abstrak


ABSTRAK

Muadzin, Moch. 2009. Pengembangan Inventori Kecerdasan Interpersonal dalam Bentuk Software untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Andi Mappiare AT., M.Pd., (II) Drs. Lutfi Fauzan, M. Pd..

Kata Kunci:, inventori, kecerdasan interpersonal, software

    Penelitian pengembangan inventori kecerdasan interpersonal dalam bentuk software untuk Sekolah Menengah Atas ini dilatarabelakangi belum ada inventori yang dapat digunakan untuk mengetahui secara umum gambaran kecerdasan interpersonal dimiliki siswa, dalam hal ini aspek keterampilan komunikasi interpersonal. Selain juga dengan pengembangan inventori ini, hasil yang diperolehnya dapat digunakan untuk menunjang data yang diperoleh dari instrumen lain, serta dapat digunakan sebagai basis percakapan dalam mengawali kegiatan konseling.
    Tujuan dari penelitian pengembangan ini ialah (1) Diperolehnya konten inventori kecerdasan interpersonal, (2) Inventori yang tingkat validitas dan reliabilitasnya telah teruji, dan (3) fitur software yang tepat guna pengadministrasian hasil pelancaran inventori.
    Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan produk inventori kecerdasan interpersonal ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. melalui pengembangan produk, menguji produk di lapangan, merevisi, menguji kembali di lapangan, merevisi produk tersebut hingga dihasilkan output yang sesuai dengan tujuan pengembangan yang diinginkan. Produk yang berhasil dikembangkan yakni inventori dalam bentuk software terdiri dari 77 butir pernyataan yang dinyatakan valid dari hasil uji validitas dan reliabilitas kepada 111 siswa SMA, dimana sebelumya terdapat 80 butir pernyataan yang dikembangkan pada penyusunan draft inventori kecerdasan interpersonal dan telah melalui uji ahli dan uji kelompok kecil untuk melakukan revisi sebelum draft inventori diujicobakan di lapangan. Tingkat signifikan yang digunakan ialah p = 0.05 atau p = 0.01, sedangkan uji reliabilitas menghasilkan koefisien alpha 0.940, dengan demikian inventori ini cukup reliabel. Skala yang digunakan dalam inventori ialah skala model Likert dengan empat alternatif pilihan jawaban. Pernyataan yang dinyatakan valid kemudian diinput ke dalam software yang kemudian dilakukan uji ahli media untuk mengetahui kelayakan software.
    Berdasarkan hasil analisis statistik uji validitas dan reliabilitas, menunjukkan bahwa inventori kecerdasan interpersonal ini produk inventori ini dapat mengukur apa yang hendak diukur, dan inventori ini relatif konsisten dalam mengukur kecenderungan penguasaan keterampilan komunikasi interpersonal siswa meskipun digunakan untuk beberapa kali pengukuran. Produk inventori kecerdasan interpersonal dalam bentuk software ini juga dilengkapi dengan buku panduan baik untuk konselor maupun siswa. Saran untuk pengembangan lebih lanjut, inventori ini perlu diujicobakan pada subyek uji lapangan yang lebih luas, serta perlu dilakukan pengembangan secara bertahap agar software inventori kecerdasan interpersonal ini dapat dimanfaatkan dengan menggunakan fasilitas internet.


Teks Penuh: DOC PDF