SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PROGRAM JURUSAN PADA SISWA KELAS X MAN 3 MALANG

Dewi Leksani Putri

Abstrak


ABSTRAK 
Putri,  Dewi  Leksani.  2009.  Hubungan  Kecerdasan  Intrapersonal  dengan 
Pengambilan Keputusan  Program  Jurusan  pada  Siswa  Kelas  X MAN  3 
Malang. Skripsi, Program Studi Psikologi FIP Universitas Negeri Malang. 
Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si, (II) Moh. Bisri, M.Si. 
Kata Kunci : kecerdasan intrapersonal, pengambilan keputusan, program jurusan. 
Tidak  sedikit  siswa  yang  masih  merasa  kebingungan  akan  mengambil 
program  jurusan  apa. Untuk  itu  diperlukan  suatu  kemampuan  untuk memahami 
diri yang disebut dengan kecerdasan  intrapersonal. Penelitian ini bertujuan untuk 
mengetahui  ada  tidaknya  hubungan  antara  kecerdasan  intrapersonal  dengan 
pengambilan  keputusan  program  jurusan  pada  siswa Kelas X MAN  3 Malang. 
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Subyek 
penelitian  adalah  seluruh  siswa Kelas X  yang  akan menempuh program  jurusan, 
sebanyak  171  siswa.  Teknik  pengumpulan  data menggunakan  skala  kecerdasan 
intrapersonal  (validitas  item  0,314  s.d  0,624;  reliabilitas  0,913)  dan  skala 
pengambilan  keputusan  program  jurusan  (validitas  item  0,329  s.d  0,599; 
reliabilitas 0,906). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat hubungan  yang 
positif  dan  signifikan  antara  kecerdasan  intrapersonal  dengan  pengambilan 
keputusan program jurusan (rxy = 0,387, sig = 0,000 < 0,05), yang berarti semakin 
tinggi kecerdasan intrapersonal maka semakin baik kemampuan dalam mengambil 
keputusan  program  jurusan.  Hasil  analisis  deskriptif  menunjukkan  bahwa 
kecerdasan intrapersonal siswa, sebanyak 31% (53 siswa) tergolong tinggi, 38,6% 
(66  siswa)  tergolong  sedang,  dan  30,4%  (52  siswa)  tergolong  rendah.  Sedang 
pengambilan  keputusan  program  jurusan  siswa,  sebanyak  27,5%  (47  siswa) 
tergolong  baik,  38,8%  (63  siswa)  tergolong  cukup,  dan  35,7%  (61  siswa) 
tergolong buruk. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada: (1) konselor 
untuk  membantu  siswa  meningkatkan  kecerdasan  intrapersonal  pada  aspek 
pengetahuan  akan  tujuan  diri  dengan  cara  monitoring  sasaran­sasaran  pribadi 
siswa,  (2)  guru  untuk  mambangun  kecerdasan  intrapersonal  siswa  pada  aspek 
pengetahuan  akan  nilai  pribadi  dengan  jalan membiarkan  siswa  belajar  dengan 
caranya  sendiri  serta  memberi  kesempatan  bagi  siswa  untuk  memberi  dan 
menerima  masukan,  (3)  orang  tua  dapat  meningkatkan  aspek  kesadaran  diri 
emosionil anak dengan cara membiarkan anak mengekspresikan perasaannya dan 
menerima  diri  anak  apa  adanya,  (4)  siswa  hendaknya  dalam  pengambilan 
keputusan  program  jurusan  benar­benar  disesuaikan  dengan  minat  dan  prestasi 
belajar. Untuk  itu  siswa diharapkan dapat memahami  kelebihan dan  kekurangan 
dirinya dengan baik, dan (5) peneliti  selanjutnya  jika  ingin meneliti ulang, maka 
subyek  penelitian  yang  digunakan  dari  beberapa  sekolah.  Kemudian  dapat 
menggunakan  penelitian  kualitatif  kepada  siswa  Kelas  XI  dan  XII  yang  telah 
menempuh penjurusan.

Teks Penuh: PDF DOC