SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN TINGKAT STRES KERJA KARYAWAN BERDASARKAN GAYA KEPEMIMPINAN PADA PT. INDUSTRI SANDANG NUSANTARA UNIT PATAL LAWANG

Ita Ari Susanti

Abstrak


ABSTRAK
 
Susanti, Ita Ari. 2009. Perbedaan Tingkat Stres Kerja Karyawan Berdasarkan Gaya Kepemimpinan Pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Lawang. Skripsi, Program Studi Psikologi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Adi Atmoko, M.Si. , (2) Drs. Moh. Bisri, M.Si.

Kata kunci : stres kerja, gaya kepemimpinan

    Gaya kepemimpinan seorang pemimpin merupakan salah satu sumber potensial penyebab terjadinya stres kerja. Tingkat stres kerja karyawan yang disebabkan oleh gaya kepemimpinan akan berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat stres kerja karyawan berdasarkan gaya kepemimpinan otoriter, demokratis, dan Laissez Faire atau bebas pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Lawang.
    Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan aktif yang berjumlah 286 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 100 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sample. Data gaya kepemimpinan diperoleh dari skala berbentuk diferensi semantik dengan 25 item valid dan validitas antara 0.302 sampai 0.807 , reliabilitas 0.931. Sedangkan data stres kerja diperoleh dari skala berbentuk skala Likert dengan 57 item valid dan validitas antara 0.333 sampai 0.815 , reliabilitas 0.969.
    Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik one way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat stres kerja yang signifikan (F hit = 9.089 > F tab 5% = 3.09) berdasarkan gaya kepemimpinan, dimana gaya kepemimpinan otoriter akan mengakibatkan stres lebih tinggi (mean =  147.70) dibanding gaya kepemimpinan demokratis (mean = 138.47) dan gaya kepemimpinan Laissez faire / bebas (mean =  117.55).
    Berdasar hasil penelitian disarankan kepada : (1) PT. ISN Unit Patal Lawang untuk menerapkan gaya kepemimpinan yang dapat meminimalkan terjadinya stres kerja karyawan sekaligus membantu karyawan untuk mengelola stres kerja agar dapat menghasilkan output yang positif, misalnya dengan penetapan tujuan dan pembagian tugas kerja yang jelas, pengambilan keputusan partisipatif, dan komunikasi organisasional, (2) bagi karyawan diharapkan mampu mengelolah stres menjadi sesuatu yang positif sehingga dapat meningkatkan motivasi kerja serta menetralisir hal-hal yang dianggap dapat menimbulkan stres kerja pada tingkat yang lebih tinggi, misalkan dengan mengelola waktu secara efektif, selalu menjaga kondisi fisik, memiliki rasa percaya diri, serta berusaha menjalin hubungan baik dengan semua orang di tempat kerja, (3) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan memperhatikan variabel lain misalkan, gaya kepemimpinan situasional, rekan kerja, konflik peran dan sebagainya, sekaligus menggunakan metode penelitian lain misalnya dengan pendekatan kualitatif.
 

Teks Penuh: DOC PDF