SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN KEPERCAYAAN DIRI UNTUK SISWA DI SMP NEGERI 18 MALANG

Arum Pusparini

Abstrak


ABSTRAK

 

Arum Pusparini. 2009. Pengembangan Paket Bimbingan Kepercayaan Diri untuk Siswa di SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. H. Widada, M.Si. (II) Drs. Lutfi Fauzan, M.Pd.

 

Kata kunci : Paket bimbingan, Kepercayaan diri.

 

Siswa yang duduk di bangku SMP saatnya menginjak masa remaja dan mulai mencari identitas diri. Pada masa remaja ini terjadi perubahan fisik maupun psikologis. Perubahan fisik  tersebut terkadang menimbulkan ketidak siapan pada sebagian remaja sehingga ketidak siapan itu membuat remaja menjadi kurang percaya diri. Rasa kurang percaya diri berpengaruh terhadap interaksi dengan orang lain. Mereka yang memiliki perasaan kurang percaya diri akan selalu takut dan ragu untuk melangkah atau bertindak, berpendapat maupun berinteraksi, baik dalam kelompok maupun dalam masyarakat. Terkait dengan masalah kurang percaya diri konselor mempunyai tugas untuk membimbing siswa agar lebih percaya diri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memberikan layanan bimbingan tentang kepercayaan diri.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan draft paket bimbingan kepercayaan diri untuk siswa. Tujuan umum dari paket bimbingan ini adalah meningkatkan siswa mengenai percaya diri. Paket bimbingan ini terdiri dari 3 penggalan yaitu: (1) konsep dasar percaya diri (2) membangun percaya diri (3) meningkatkan percaya diri. Paket bimbingan ini memiliki kriteria kegunaan, kemudahan, kemenarikan dan keakuratan.

 

Model pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaran Dick & Carey. Pengembangan paket berlangsung sebagai berikut : (1) penyususunan paket bimbingan kepercayaan diri, (2) uji ahli, (3) revisi paket dan uji coba kelompok kecil yaitu koselor sebagai calon pengguna produk yaitu konselor. Prosedur pengembangan diawali dengan melakukan need assessment kebutuhan, analisis data, perumusan tujuan, penyusunan prototipe dan  uji coba produk. Penilaian dilakukan oleh ahli bimbingan dan konseling. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk.

 

Berdasarkan penilaian ahli, paket bimbingan ini berguna bagi konselor dalam memberikan materi tentang kepercayaan diri. Dilihat dari aspek kemudahan, kwalitas penggunaan paket bimbingan ini mudah digunakan dan sederhana. Dari aspek kemenarikan, paket ini memiliki penilaian menarik. Sedangkan  dari aspek ketepatan paket ini adalah tepat karena dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa agar lebih percaya diri.

 

Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) konselor sebagai pembimbing hendaknya memanfaatkan paket bimbingan kepercayaan diri ini untuk meningkatkan layanan bimbingan, (2) saran diseminasi untuk pengguna paket adalah produk pengembangan paket bimbingan kepercayaan diri ini jika akan digunakan ke sasaran yang lebih luas maka perlu disesuaikan dengan keadaan, waktu dan tempat di manan layanan bimbingan itu akan diberikan, dan (4) sebagai kelanjutan maka perlu uji coba produk kepada sasaran yaitu siswa (5) agar mengetahui keefektifan produk yang dihasilkan.

 

 

 


Teks Penuh: DOC PDF