SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PAKET LAYANAN INFORMASI SEKOLAH LANJUTAN UNTUK SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 18 MALANG

Vindi Wahyu Novitasari

Abstrak


ABSTRAK

Vindi Wahyu Novitasari. 2009. Pengembangan Paket Layanan Informasi Sekolah Lanjutan Untuk Siswa Kelas IX SMP di SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Dr.M.ramli, M.A. (II) Drs. Hariadi Kusumo.

Kata kunci : layanan informasi, sekolah lanjutan, paket.

    Siswa sebagai individu mempunyai potensi yang berbeda-beda. Informasi sekolah lanjutan perlu diberikan kepada siswa sebagai dasar untuk menetapkan keputusan mengenai pilihan sekolah lanjutan. Hal ini didasari pilihan pendidikan yang semakin banyak. Terkait dengan pemilihan sekolah lanjutan konselor mempunyai tugas untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam pemilihan sekolah lanjutan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memberikan layanan informasi sekolah lanjutan kepada siswa.
    Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan paket layanan informasi sekolah lanjutan untuk siswa SMP kelas IX yang berterima secara teoritis dan praktis digunakan oleh konselor Sekolah Menengah Pertama sebagai media pemberian informasi tentang sekolah lanjutan
    Model pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaran Dick & Carey. Pengembangan paket berlangsung sebagai berikut : (1) penyususnan paket layanan informasi, (2) uji ahli BK, (3) revisi dari uji ahli BK, (4)Uji coba calon pengguna produk secara teoritik, (5) revisi dari hasil uji coba calon pengguna produk. Penilaian dilakukan oleh ahli Bimbingan dan Konseling. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis deskriptif.
    Berdasarkan penilaian ahli BK, paket layanan informasi ini sangat berguna bagi konselor dalam memberikan materi tentang sekolah lanjutan. Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan paket layanan informasi ini sangat mudah digunakan. Dari aspek kemenarikan, paket ini sangat  menarik. Adapun  dari aspek keakuratan paket ini adalah akurat untuk digunakan oleh konselor dalam memberikan layanan informasi sekolah lanjutan.
    Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) konselor hendaknya memanfaatkan paket untuk meningkatkan layanan informasi sekolah melalui penelitian tindakan, (2) penelitian selanjutnya hendaknya melakukan uji coba produk paket layanan informasi sekolah lanjutan kepada siswa, agar diketahui keefektifan produk yang dihasilkan.




Teks Penuh: DOC PDF