SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Property and Real Estate yang Listing di BEI Tahun 2014

TITIK . BUDIARTI

Abstrak


ABSTRACT

 

Budiarti, Titik. 2016. Pengaruh Leverage terhadap Nilai Perusahaan Dimoderasi Corporate Social Responsibility pada Perusahaan Property and Real Estate yang Listing di BEI Tahun 2014. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Bambang Banu Siswoyo, M.M., (II) H. Subagyo, S.E., S.H., M.M.

Kata Kunci :  price to book value, debt to equity ratio, debt to asset ratio, corporate social responsibility.

Tren investasi dalam bentuk properti membuat harga saham pada sektor property dan real estate pada tahun 2014 mengalami peningkatan. Nilai perusahaan yang dapat dicerminkan melalui Price to Book Value (PBV) menjadi salah satu daya tarik investor untuk menanamkan dananya pada perusahaan yang memiliki nilai PBV tinggi. Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan bahwa kemakmuran pemegang saham juga tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kondisi Nilai Perusahaan, DER, DAR, dan CSR, (2) pengaruh DER terhadap Nilai Perusahaan, (3) pengaruh DAR terhadap Nilai Perusahaan, (4) apakah CSR memoderasi pengaruh DER terhadap Nilai Perusahaan, dan (5) apakah CSR memoderasi pengaruh DAR terhadap Nilai perusahaan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif kausalitas. Populasinya adalah perusahaan property dan real estate yang  listing di BEI tahun 2014 sebanyak 49 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 33 perusahaan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis menggunakan regresi linier berganda dan regresi moderasi dengan uji residual menggunakan SPSS 21 dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kondisi variabel Nilai Perusahaan, DER, DAR, dan CSR sebagian besar berada pada klasifikasi rendah, (2) DER tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, (3) DAR berpengaruh positif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (4) CSR tidak memoderasi pengaruh DER terhadap Nilai Perusahaan, dan (5) CSR tidak memoderasi pengaruh DAR terhadap Nilai Perusahaan.

 

Berdasarkan hasil penelitian di atas maka saran yang dapat diajukan oleh peneliti adalah: (1) bagi investor, sebelum memutuskan berinvestasi sebaiknya memperhatikan pengelolaan utang perusahaan dan faktor-faktor eksternal yang berhubungan dengan perusahaan tempat berinvestasi; (2) bagi perusahaan, dalam tujuan memaksimalkan kekayaan pemegang saham dan mendapat kepercayaan investor maka perusahaan sebaiknya meningkatkan kinerja keuangannya terutama DAR dan diharapkan perusahaan memperbanyak kegiatan CSR yang dilakukan; (3) bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya menambah variabel diluar penelitian yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan, mengganti indikator untuk nilai perusahaan, memperpanjang periode penelitian dan menambahkan jumlah sampel.