SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Pengasuh dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kelas X Di MAN Kunir Wonodadi Blitar

Miftahudin Ashar

Abstrak


ABSTRAK

 

Ashar, Miftahudin. 2014. Peran Pengasuh dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Santri Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kelas X Di MAN Kunir Wonodadi Blitar.Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Widada, M.Si, (2) Yuliati Hotifah, S.Psi, M.Pd.

 

Kata kunci: peran pengasuh, pondok pesantren, prestasi akademik

 

Sistem pendidikan pondok pesantren sangatlah beragam, sangat sulit ditemui sistem pendidikan pondok pesantren yang memadukan sistem tradisional (salafi) dengan modern (kholafi). Di Kabupaten Blitar hanya pondok pesantren terpadu Al-Kamal yang menerapkan sistem pendidikan dengan memadukan sistem tradisional dan modern, selain itu pondok pesantren ini secara langsung juga mendukung prestasi akademik santri di sekolah formal, maka peran pengasuh sangatlah penting di pondok pesantren dalam menunjang peningkatan prestasi akademik santri di sekolah.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dari pengasuh pondok pesantren dalam meningkatkan prestasi akademik santri khususnya siswa  kelas X di MAN Kunir Wonodadi Blitar. Fokus dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) sistem pendidikan; (2) faktor pendukung; (3) faktor penghambat; dan (4) strategi peningkatan prestasi akademik santri di sekolah.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan maksud memahami fenomena terkait dengan peran pengasuh  pondok pesantren dalam meningkatkan prestasi akademik santri. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen kunci, dengan subjek penelitian adalah pengasuh (kyai), pembina dan ketua pondok pesantren. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh pada pondok pesantren terpadu Al-Kamal sangat berperan dalam meningkatkan prestasi akademik santri. Sistem pendidikan di pondok pesantren terpadu Al-Kamal yaitu terpadu, artinya memadukan sistem tradisional dengan modern. Faktor pendukung peningkatan prestasi akademik santri di sekolah meliputi, asaatidz yang berkompeten dibidangnya, proses pembelajaran yang terkordinasi dengan baik antara pondok dan sekolah untuk mengetahui perkembangan santri di sekolah serta pendekatan melalui arahan oleh pihak pondok pesantren (ustadz) sebagai strategi peningkatan prestasi santri.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diajukan beberapa saran. Saran bagi pengasuh pondok pesantren terpadu Al-kamal agar meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) asaatidz dengan mempertimbangkan input pondok pesantren yang heterogen. Bagi guru bimbingan dan konseling agar bekerjasama dengan pondok pesantren untuk memahami aktifitas di pondok pesantren guna kemandirian dan peningkatan pretasi akademik santri di sekolah. Peneliti selanjutnya agar dapat melanjutkan penelitian yang sejenis pada berbagai aspek lain yang bermanfaat bagi pondok pesantren seperti manajemen pondok pesantren.