SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL SISWA SMP

RETNO WINARLIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Winarlin, Retno. 2016. Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd dan (II) Drs. H. Widada, M. Si.

 

Kata kunci: sosiodrama, perilaku agresif, agresif verbal

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya fenomena perilaku agresif yang terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini dikarenakan agresi merupakan salah satu dari kenakalan yang umum dilakukan oleh siswa. Tindakan agresi yang sering dilakukan siswa berupa perkataan seperti mengejek atau menghina, mengucapkan kata-kata kotor, membantah, mudah marah, dan berteriak. Hal ini dapat berdampak buruk bagi pelaku maupun korban agresi. Pihak sekolah kurang tepat dalam menangani pelaku agresi, sehingga perilaku agresif verbal semakin marak terjadi di lingkungan sekolah khususnya sekolah menengah pertama (SMP).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest postest dengan satu kelompok eksperimen. Treatment berupa teknik sosiodrama yang diberikan sebanyak lima kali pertemuan. Peneliti melakukan pengukuran sebelum dan setelah perlakuan untuk melihat perubahan subyek penelitian. Subyek penelitian sebanyak 16 siswa kelas VIII yang memiliki skor agresivitas verbal tinggi. Pretest dan postest berupa inventory perilaku garesif verbal yang masing-masing dilaksanakan sekali.

Hasil analisis uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan nilai Z= -3.517a dengan p= 0.000 dan dari mean 236,69 turun menjadi 122,75 artinya  bahwa teknik sosiodrama melalui bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa SMP.

Saran yang diajukan: (1) konselor dapat menggunakan teknik sosiodrama untuk mengurangi perilaku agresif, (2) konselor diharapkan membantu siswa untuk mengurangi perilaku agresif verbal melalui layanan konseling setelah pelaksanaan sosiodrama, (3) hasil penelitian selanjutnya, disarankan untuk  memperluas subyek penelitian di sekolah dan jenjang yang berbeda tetapi memiliki ciri perilaku agresif verbal tinggi, (4) untuk menggunakan rancangan penelitian yang menggunakan kelompok kontrol untuk peneltian yang serupa.