SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektifitas Teknik Konseling REBT Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Veronika . Rina

Abstrak


ABSTRACT

 

Efektifitas Teknik Konseling REBT Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Efektifitas Teknik Konseling Rational Emotive Behavior Therapy UntukMeningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP Katolik Cor Jesu Malang

Veronika Rina

Program Studi Bimbingan Dan Konseling, FIP, UM. email: rinaveronika@yahoo.com

Kepercayaan diri merupakan keyakinan akan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai tujuan hidup sesuai dengan yang diharapkan. Individu yang memiliki kepercayaan diri rendah tidak mengenal kemampuan yang ada dalam diri, tidak berani tampil di depan umum, tidak bisa berpikir positif tentang dirinya, tidak berani tampil di depan umum, kurang mandiri, dan tidak berani mengungkapkan pendapat. Individu  yang tidak memiliki kepercayaan diri cenderung berpikir irasional sehingga menghambat kehidupan sehari-hari dan mempengaruhi emosi dan perilaku. Gejala di atas ditemui di SMP Katolik Cor Jesu Malang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah teknik konseling rational emotive behavior therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas Konseling Rational Emotive Behavior Therapy dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP.

Penelitian ini menggunakan eksperimen One group pre-test dan post-test design. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik inferensial non-parametrik pada siswa yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test untuk mengetahui adanya tingkat perbedaan sebelum dan sesudah mendapat treatment konseling rational emotive behavior therapy. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri dari kategori rendah menjadi tinggi. Hal ini menunjukan bahwa teknik Konseling Rational Emotive Behavior Therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada: (1) Sekolah memberi kesempatan kepada konselor menerapkan teknik Konseling Rational Emotive Behavior Therapy untuk membantu meningkatkan kepercayaan diri; (2) Konselor dapat menerapkan teknik Konseling Rational Emotive Behavior Therapy sebagai teknik alternatif pada konseling individu; dan (3) Peneliti selanjutnya  perlu menggunakan desain yang berbeda; dan (4) Penelitian ini dapat digunakan untuk jenjang pendidikan sekolah yang berbeda (kelas VIII dan XI ).

 

Kata kunci: konseling rational emotive behavior     therapy, kepercayaan diri