SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Paket Permainan Kooperatif Dalam Upaya Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak Taman Kanak-kanak.

Nila Zaimatus Septiana

Abstrak


Microsoft Word - artikel skripsi.rtf

Abstrak

 

Septiana, Nila Zaimatus. 2009. Pengembangan Paket Permainan Kooperatif Dalam Upaya Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak Taman Kanak-kanak. Skripsi, Jurusan BKP, FIP, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd, (II) Drs. Djoko Budi Santoso.

 

Kata Kunci : pengembangan, paket permainan kooperatif, kecerdasan interpersonal.

 

Masa kanak-kanak merupakan masa golden age di mana perkembangan untuk masing-masing kecerdasan dapat dioptimalkan. Salah satu kecerdasan yang mempunyai peranan penting pada masa kanak-kanak yakni kecerdasan interpersonal yang terkait dengan ketrampilan anak dalam hubungan sosial sehingga anak dapat bersosialisasai ssecara efektif dan dapat diterima dalam kelompoknya. Pada masa kanak-kanak sebagian besar aktifitasnya dilakukan dengan bermain. Bermain merupakan cara yang paling baik untuk mengembangkan kemampuan anak. Dalam satu permainan yang dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal yakni permainan kooperatif. Dengan bermain secara kooperatif anak dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam bersosialisasi tanpa meninggalkan dunia mereka yakni dunia bermain.

Sesuai latar belakang di atas, maka tujuan pengembangan dalam penelitian ini adalah adalah untuk menghasilkan paket permainan yang dapat di gunakan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak TK dan untuk mengetahui keguanaan (utility), keterlaksanaan (visibility), kejelasan, keefektifan, kemenarikan dan ketepatan (accuracy) paket permainan yang akan dikembangkan dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak TK.

Rancangan penelitian adalah penelitian pengembangan prosedural dengan mengadaptasi langkah-langkah dari Dick and Carey. Langkah-langkah dari Dick and Carey yang diadaptasi penulis dalam penelitian ini meliputi tahap pra pengembangan, pengembangan, dan tahap pasca pengembangan.

Paket permainan ini telah dinilai oleh dua ahli dan seorang calon pengguna produk. Secara kuantitatif, hasil penilaian dari dari para ahli untuk spesifikasi produk memperoleh nilai rerata 3,16 yang berarti produk ini sangat berguna, tepat, jelas, efektif, terlaksana, dan menarik, khususnya dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak TK, sedangkan untuk penilaian terhadap pedoman pengembangan paket memperoleh nilai rerata 3,2 yang berarti buku paket pengembangan permainan kooperatif ini mempunyai pedoman yang sangat jelas sehingga mudah dilaksanakan.

Selain dari penilaian ahli, setelah produk direvisi kemudian dilakukan uji coba kepada calon pengguna produk. Secara kuantitatif, hasil penilaian dari dari calon pengguna produk untuk spesifikasi produk memperoleh nilai rerata 3,2 yang berarti produk ini sangat berguna, tepat, jelas, efektif, terlaksana, dan menarik, pada intinya produk ini dapat dilaksanakan / dipraktikkan untuk anak TK dalam menstimulasi kecerdasan interpersonalnya. Sedangkan untuk penilaian terhadap pedoman pengembangan paket memperoleh nilai rerata 3,6 yang berarti buku paket pengembangan permainan kooperatif ini mempunyai pedoman yang sangat jelas sehingga mudah dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan pelaksanaannya.

Saran untuk penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagi guru TK, karena kegiatan bermain tidak terjadi dengan sendirinya oleh karena itu untuk memberikan permainan kepada anak, guru TK juga disarankan untuk memiliki kemampuan dalam memahami teknik-teknik bermain,(2) Sekolah TK, agar selalu dapat mengikuti perkembangan pendidikan sesuai dengan kurikulum yang terbaru. Sekolah TK diharapkan dapat mendatangkan ataupun mengadakan tenaga bimbingan khusus di sekolah yang mempunyai kualifikasi pendidikan bimbingan dan konseling mengingat dalam BK juga mempelajari tentang BK di TK / SD (c) mengingat penelitian pengembangan ini hanya sampai pada uji ahli maka disarankan pada peneliti selanjutnya untuk melakukan uji kelompok kecil dan uji lapangan untuk melihat keefektifan dan validitas Pengembangan Paket Permainan Kooperatif untuk Menstimulasi Kecerdasan Interpersonal Anak TK.


Teks Penuh: DOC PDF