SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMA NEGERI 1 SRENGAT KABUPATEN BLITAR

DYANITA RATNASARI

Abstrak


ABSTRAK
Ratnasari, Dyanita. 2009. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan
Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA Negeri 1 Srengat
Blitar. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. M.
Ramli, M.A. (2) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd.
Kata kunci: Kepercayaan diri, Keterampilan komunikasi, interpersonal.
Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek yang sangat penting bagi
remaja dalam pelaksanaan tugas-tugas perkembangan yang berhubungan dengan
penyesuaian sosial. Hal ini yang sering menjadi permasalahan. Remaja yang
mempunyai tingkat kepercayaan diri yang tinggi maka kemungkinan besar dalam
berkomunikasi akan lancar dan remaja tersebut tidak akan menghindari situasi
komunikasi. Sebalikanya apabila kepercayaan diri yang dimiliki remaja tersebut
rendah maka kemungkinan remaja tersebut akan cenderung kurang terampil dalam
berkomunikasi dan cenderung menghindari situasi komunikasi. Dalam hal ini
remaja tersebut tidak mau terlibat dalam situasi percakapan, menarik diri dari
pergaulan, merasa tidak aman dan hanya berbicara apabila terdesak saja. Keadaan
tersebut akan berdampak buruk bagi perkembangan kepribadian remaja baik di
ingkungan sosial maupun pada pencapaian hasil studi di lingkungan sekolah.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) gambaran kepercayaan
diri siswa SMA Negeri 1 Srengat Blitar, (2) gambaran keterampilan komunikasi
interpersonal siswa SMA Negeri 1 Srengat Blitar, (3) hubungan antara
kepercayaan diri dengan keterampilan komunikai interpersonal siswa SMA
Negeri 1 Srengat Blitar. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif korelasional, dengan populasi penelitian siswa SMA Negeri 1
Srengat Blitar kelas X dan Kelas XI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
teknik Random Sampling. Adapun Pengumpulan data menggunakan instrumen
Skala Kepercayaan Diri dan Skala Keterampilan Komunikasi Interpersonal.
Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis
Deskriptif dan teknik Korelasi Product Moment dari Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat sedikit (19,81%), siswa SMA
Negeri 1 Srengat yang memiliki tingkat kepercayaan diri pada klasifikasi sangat
tinggi, banyak (76,42%) siswa SMA Negeri 1 Srengat yang memiliki tingkat
kepercayaan diri pada klasifikasi tinggi, dan sangat sedikit (3,77%) siswa SMA
Negeri 1 Srengat yang memiliki tingkat kepercayaan diri pada klasifikasi rendah.
Adapun untuk keterampilan komunikasi interpersonal menunjukkan bahwa sangat
sedikit (6,60%) siswa yang memiliki tingkat keterampilan komunikasi
interpersonal pada klasifikasi sangat tinggi, banyak (83,96%) siswa SMA Negeri
1 Srengat yang memiliki keterampilan komunikasi interpersonal pada klasifikasi
tinggi, dan sangat sedikit (9,43%) siswa SMA Negeri 1 Srengat yang memiliki
tingkat keterampilan komunikasi interpersonal pada klasifikasi rendah.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan program SPSS 13.00
for windows dapat diketahui probabilitas error (Sig.) hubungan antara
kepercayaan dengan keterampilan komunikasi interpersonal yaitu sebesar 0,000
dan r hitung sebesar 0,646. Karena nilai probabilitas (sig,)

Teks Penuh: DOC PDF