SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisa Perbedaan Motivasi Kerja Karyawan Berdasarkan Gaya Kepemimpinan Directing dan Coaching

Citra Djati Kartika

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Kaitika, Citra Djati. 2008. Analisa Perbedaan Motivasi Kerja Karyawan Berdasarkan Gaya Kepemimpinan Directing dan Coaching, Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling Dan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Andi Mappiare A. T., M. Pd, (II) Drs. H. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata kunci : gaya kepemimptnan drecting, gaya kepemimpinan coaching, motivasi kerja karyawan.

 

Kepemimpinan yang handai sangat dibutuhkan untuk memotivasi karyawan bekerja dengan baik demi tercapainya tujuan perusahaan. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memotivasi karyawannya untuk mencapai tujuan perusahaan. Wahjosumijo (1984:205) menyatakan bahwa "motivasi mempunyai kaitan erat dengan kepemimpinan". Dengan gaya kepemimptnan yang tepat maka motivasi kerja karyawan akan menjadi lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk; (I) mendapatkan gambaran deskriptif mengenai motivasi kerja karyawan PT Indofanna Global Medika, (2) mendapat gambaran deskriptif mengenai pandangan karyawan terhadap gaya kepemimpinan di PT. Indofarma Global Medika (3) untuk mendapatkan gambaran deskriptif mengenai perbedaan motivasi kerja karyawan antara gaya kepemimpinan directing dan coaching.

Penelitian ini dilakukan di PT.Indo&rma Global Medika cabang Vogyakarta dan Surabaya, pada bulan Juni 2008. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif komparatif. Variabei bebas daiam penelitian ini adafah gaya kepemimpinan directing dan coaching sedangkan variabel terikat adalah motivasi kerja karyawan, Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara.

Analisis akhir penelitian adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji t untuk sampel yang dibandingkan. Uji hipotesis dengan uji t menunjukkan basil nilai thftung = 2,168, nilai tersebut lebih besar daripada nilai  t table = 2,000 (thitung =2,412>t table =2OOO). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi kerja yang signifikan ditinjau dari gaya kepemimpinan, dimana motivasi kerja karyawan dengan gaya kepemimpinan coaching lebih tinggi dibandingkan motivasi kerja karyawan dengan gaya kepemimpinan directing. Hasil ini didasarkan pada perbedaan Mean Coaching lebih besar daripada Mean Directing (Mean coaching = 101.05 > Mean Directing - 98,92).

Berdasarkan hast! penelitian ini, disarankan agar pada para pimpinan perusahaan menggunakan gaya kepemimpinan coaching dalam memimpin perusahaan, Sedangkan pada penelitian sefanjutnya disarankan untuk menambahkan variabel lain sebagai pembanding.


Teks Penuh: DOC PDF